ANALISIS PENGARUH KONEKSI POLITIK TERHADAP PENGHINDARAN PAJAK PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2013–2017

Ong, Julia (2019) ANALISIS PENGARUH KONEKSI POLITIK TERHADAP PENGHINDARAN PAJAK PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2013–2017. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Julia Ong)
EA21007.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Politik dan perpajakan merupakan dua hal yang berdekatan. Penelitian ini meneliti pengaruh koneksi politik terhadap praktik penghindaran pajak perusahaan. Penghindaran pajak sebagai variabel dependen diukur dengan menggunakan Cash ETR. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah koneksi politik yang dibagi menjadi tiga sub variabel yaitu kepemilikan saham oleh pemerintah, koneksi politik dewan direksi, dan koneksi politik dewan komisaris. Variabel kontrol yang digunakan dalam penelitian ini adalah ukuran perusahaan, leverage, dan intensitas modal. Penelitian ini menggunakan data arsip sekunder yang diperoleh dari laporan tahunan dan laporan keuangan perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI selama periode 2013 – 2017. Sampel dipilih menggunakan metode purposive sampling dan didapatkan sampel sebanyak 20 perusahaan dengan periode observasi 5 tahun sehingga total data yang diobservasi adalah sebesar 100 data. Pengujian hipotesis dilakukan dengan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa koneksi politik dewan direksi berpengaruh negatif terhadap penghindaran pajak, sedangkan kepemilikan saham oleh pemerintah dan koneksi politik dewan komisaris tidak berpengaruh terhadap penghindaran pajak. Variabel kontrol ukuran perusahaan, leverage, dan intensitas modal tidak berpengaruh terhadap penghindaran pajak.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Koneksi politik, kepemilikan pemerintah, dewan direksi, dewan komisaris, penghindaran pajak.
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 18 Jul 2019 02:11
Last Modified: 18 Jul 2019 02:11
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/19449

Actions (login required)

View Item View Item