PENGARUH PENGALAMAN BELAJAR TERHADAP PROSES PENGAJARAN SEBAGAI DOSEN (Studi Kasus Alumni UAJY yang Menjadi Dosen di UAJY)

Astuti, Vita Noor Prima and Nemere, Maria Setyaningsih and Wiratsih, Woro PENGARUH PENGALAMAN BELAJAR TERHADAP PROSES PENGAJARAN SEBAGAI DOSEN (Studi Kasus Alumni UAJY yang Menjadi Dosen di UAJY). UAJY.

[img] Text
KOM_Vita Noor Prima Astuti_PENGARUH PENGALAMAN BELAJAR TERHADAP PROSES PENGAJARAN SEBAGAI DOSEN (Studi Kasus Alumni UAJY yang Menjadi Dosen di UAJY).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pada dasarnya, identitas seorang pendidik dipengaruhi oleh elemen yang bervariasi. Jika pendidik tidak memiliki latar belakang pendidikan sehubungan dengan ilmu dan keahlian dalam teknik mengajar, dapat diasumsikan bahwa elemen yang berpengaruh pada proses pengajarannya adalah hal- hal yang berhubungan dengan proses pengajaran yang dialaminya di masa lalu, termasuk proses belajarnya di masa kuliahnya dulu. Besarnya pengaruh pengalaman belajar menjadi suatu hal yang perlu diteliti. Di Universitas Atma Jaya Yogyakarta, banyak dosen yang merupakan alumni. Hal ini dapat menjadi bahan pertimbangan bagi tim pengembangan SDM dan mutu pembelajaran di UAJY. Apakah pengalaman belajar mereka sudah menjadi bekal yang cukup atau masih perlu diadakan usaha- usaha lain untuk meningkatkan kualitas pengajaran. Oleh karena itu, dirancanglah studi kasus untuk mengetahui pengaruh pengalaman belajar terhadap proses mengajar di UAJY. Pengumpulan data bagi studi kasus ini dilakukan dengan menggunakan metode kuesioner dimana obyek penelitian ini adalah para dosen UAJY yang juga merupakan alumni UAJY. Untuk memperoleh data yang lebih lengkap dan terperinci, interview menjadi metode pengumpulan data selanjutnya. Dari hasil analis data yang diperoleh, pengalaman belajar memang sangat berpengaruh terhadap proses mengajar para dosen yang menjadi alumni, mengingat mereka tidak memiliki latar belakang pendidikan tentang ilmu pengajaran di kelas. Pengaruhnya ternyata berdampak pada banyak aspek seperti metode pengajaran, penilaian. Namun, jika dirasa sudah tidak relevan dengan karakter pengajar dan perkembangan jaman, hal- hal di pembelajaran masa lalu sudah tidak diaplikasikan lagi.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: pengalaman belajar, proses pembelajaran, studi kasus
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 23 Jul 2019 02:28
Last Modified: 23 Jul 2019 02:28
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/19516

Actions (login required)

View Item View Item