EFEKTIVITAS IKLAN TELEVISI SUPLEMEN ANAK HIROKIDS PADA IBU BEKERJA & IBU TIDAK BEKERJA (Studi Deskriptif Kuantitatif Mengenai Efektivitas Iklan Televisi Suplemen Anak Hirokids pada Konsumen Ibu Bekerja dan Ibu Tidak Bekerja)

WILANTEN, ANGELICA FORTUNA GALUH (2019) EFEKTIVITAS IKLAN TELEVISI SUPLEMEN ANAK HIROKIDS PADA IBU BEKERJA & IBU TIDAK BEKERJA (Studi Deskriptif Kuantitatif Mengenai Efektivitas Iklan Televisi Suplemen Anak Hirokids pada Konsumen Ibu Bekerja dan Ibu Tidak Bekerja). S1 thesis, UAJY.

[img] Text
KOM05675.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Iklan televisi sangat beragam dan sampai saat ini masih menjadi daya tarik bagi pemasar. Salah satunya yaitu PT Hermed yang mengiklankan produknya berupa suplemen anak Hirokids. Iklan suplemen anak Hirokids ini memaparkan informasi keunggulan produk Hirokids. Iklan Hirokids ditujukan pada ibu-ibu yang memiliki anak usia 0-12 tahun. Penelitian ini akan melihat efektivitas iklan televisi suplemen Hirokids yang diperbandingkan antara ibu bekerja dan ibu tidak bekerja. Pengukuran efektivitas dilakukan dengan metode Customer Response Index (CRI). Metode CRI akan mengkaji mengenai tingkat awareness, comprehend, interest, intention, action. Didapatkan fakta bahwa ibu tidak bekerja lebih banyak menonton televisi sehingga akan lebih terterpa dengan iklan Hirokids. Maka, penelitian ini merupakan penelitian yang memperbandingkan efektivitas ibu bekerja dan ibu tidak bekerja. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan survey dan alat bantu kuesioner. Penelitian ini dilakukan pada 100 responden ibu-ibu yang terdiri dari 50 ibu bekerja dan 50 ibu tidak bekerja. Uji validitas dan reliabilitas pada penelitian dilakukan dengan menggunakan SPSS. Hasil pada penelitian ini menunjukkan angka CRI rendah yaitu 5%. Maka dapat disimpulkan bahwa iklan Hirokids tidak efektif. CRI responden ibu bekerja diperoleh sebesar 0,2% sedangkan CRI pada responden ibu tidak bekerja adalah sebesar 4,8%. Dari hasil tersebut dapat dilihat bahwa hasil perhitungan CRI lebih tinggi pada ibu tidak bekerja. Maka, iklan Hirokids lebih efektif pada responden ibu tidak bekerja dibanding dengan ibu bekerja.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Iklan Televisi, CRI, Efektivitas
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 26 Jul 2019 02:45
Last Modified: 26 Jul 2019 02:45
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/19564

Actions (login required)

View Item View Item