"TIPES SHOPPING MALL" DI SURAKARTA

KURNIAWAN, DHONI (2006) "TIPES SHOPPING MALL" DI SURAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
TA08396.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB)

Abstract

Pertumbuhan ekonomi di Indonesia tercermin pada kota-kota besarnya termasuk kota Surakarta. Pertumbuhan ekonomi diikuti dengan pemenuhan kebutuhan sarana dan fasilitas pusat perdagangan sebagai bagian dari pembangunan perekonomian. Fasilitas yang disediakan diharapkan dapat menumbuhkan perkembangan ekonomi wilayah baik secara lokal maupun regional. Perkembangan masyarakat sekarang lebih tertarik dengan berbelanja di pasar modern (swalayan atau mall) daripada tempat lain karena produk yang diperdagangkan lengkap, terdapat fasilitas rekreasi dan fasilitas penunjang. Melihat kondisi di atas, maka fasilitas yang cocok adalah fasilitas perdagangan yaitu pusat perbelanjaan yang lengkap berupa shopping mall. Shopping mall merupakan fasilitas perbelanjaan modern yang merupakan perubahan bentuk dari pasar tradisional. Salah satu kriteria untuk merealisasikannya adalah sirkulasi yang dapat memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi pengunjungnya, sedangkan lokasi untuk shopping mall direncanakan terletak di wilayah Serengan yang sudah direncanakan sesuai RTRUK 2005 kota Surabaya. Kemudahan dan kenyamanan bagi pengunjung sangat diutamakan dalam perencanaan dan perancangan shopping mall. Berdasarkan teori-teori tentang kemudahan dan kenyamanan maka dilakukan analisis yang hasilnya berupa konsep perencanaan dan perancangan "Tipes Shopping Mall" di Surabaya.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Penelitian Dosen > Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 29 Jul 2019 06:16
Last Modified: 29 Jul 2019 06:16
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/19609

Actions (login required)

View Item View Item