Perencanaan Strategi Manajemen SI/TI Berdasarkan Pengukuran Kematangan Keselarasan Strategi Bisnis dan TI pada Perusahaan Rintisan Digital dalam Perspektif BSC

Nastiti, Putri (2018) Perencanaan Strategi Manajemen SI/TI Berdasarkan Pengukuran Kematangan Keselarasan Strategi Bisnis dan TI pada Perusahaan Rintisan Digital dalam Perspektif BSC. In: Seminar Nasional Ilmu Komputer (SNIK) 2018, 13 Oktober 2018, Semarang, UNES.

[img]
Preview
Text
snik-perpus.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
peer review snik-perpus.pdf

Download (310kB) | Preview

Abstract

Banyak dari pemilik perusahaan rintisan teknologi informasi percaya bahwa perencanaan strategis tidak diperlukan dan terlalu sulit untuk diterapkan. Namun beberapa penelitian menunjukkan bahwa perusahaan skala kecil menengah yang merumuskan strategi ternyata mampu lebih unggul dari para pesaingnya. Penelitian ini mengajukan suatu rumusan strategi manajemen SI/TI untuk perusahaan rintisan bidang teknologi informasi. Pada penelitian ini akan dilakukan analisis tingkat kematangan keselarasan strategi bisnis dan TI dengan model SAMM (Strategic Alignment Maturity Model) untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang menjadi pemicu dan penghambat keselarasan strategi bisnis dan TI. Setelah itu berbagai rekomendasi strategi dipetakan berdasarkan perspektif Balanced Scorecard yaitu financial, consumer, internal business, dan learning and growth. Kedua obyek penelitian sebagai sampel yang mewakili perusahaan rintisan digital berbasis layanan dan produk mempunyai tingkat kematangan keselarasan strategi yang berada pada level 3 (Established Focused). Hasil dari penelitian ini diajukan serangkaian rekomendasi akitivitas CSF yang dapat digunakan sebagai strategi manajemen SI/TI agar dapat menciptakan keselarasan strategi antara bisnis dan TI dan sesuai dengan budaya industri startup.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: SAMM, CSF, BSC, perusahaan rintisan
Subjects: Teknik Industri > Sistem Kerja
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: wiwid bartolomeus wijayanto
Date Deposited: 02 Aug 2019 02:38
Last Modified: 15 May 2020 12:11
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/19630

Actions (login required)

View Item View Item