ANALISIS TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL TERHADAP PENERIMAAN PENGGUNA SISTEM KEUANGAN DESA ( SISKEUDES) PADA PEMERINTAH DESA DI KABUPATEN WONOGIRI

SUSANDY, RIO AGENG SURYA (2018) ANALISIS TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL TERHADAP PENERIMAAN PENGGUNA SISTEM KEUANGAN DESA ( SISKEUDES) PADA PEMERINTAH DESA DI KABUPATEN WONOGIRI. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (RIO AGENG SURYA SUSANDY)
EA21751.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerimaan SISKEUDES Pada Pemerintah Desa di Kabupaten Wonogiri dengan menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). Untuk membuktikan secara empiris perilaku user atas perubahan sistem lama yang berbasis Microsoft Excel ke SISKEUDES, penelitian ini menggunakan konsep Technology Acceptance Model (TAM) versi pertama. Populasi dalam penelitian ini adalah Bendahara di Pemerintah Desa di Kabupaten Wonogiri. Sampel yang diambil berdasarkan teknik probability sampling, simple random sampling, dimana peneliti memberikan peluang yang sama bagi setiap anggota populasi (Bendahara Desa) untuk dipilih menjadi sampel yang dilakukan secara acak. Analisis data dilakukan dengan SEM (Structural Equation Modelling) dengan software WarpPLS 5.0. Hasil penelitian ini membuktikan 4 dari 5 hipotesis diterima. Perceived ease of use berpengaruh positif terhadap perceived usefulness dan attitude, perceived usefullness mempunyai hubungan yang positif dengan attitude, perceived usefulness tidak berpengaruh terhadap behavioral intention to use, dan attitude mempunyai pengaruh yang positif terhadap behavioral intention to use. Hanya 1 hipotesis yang ditolak, dan keempat yang lain menunjukkan hasil yang diterima dan signifikan. Hal ini membuktikan bahwa proses transisi perubahan sistem lama yang masih manual menggunakan Microsoft Excel ke SISKEUDES dapat dijelaskan oleh Technology Acceptance Model. Implikasi yang dapat ditarik dari hasil penelitian yang dilakukan ini adalah, ketika sebuah sistem baru diimplementasikan untuk menggantikan sistem yang lama, harus dilakukan dengan mempertimbangkan apakah users memiliki sikap untuk menerima, sikap maupun persepsi mengenai bagaimana manfaat sistem, dan kemudahan dalam penggunaan sistem tersebut. Hal penting perlu dikedepankan oleh Pemerintah Daerah, dalam mengaplikasikan sistem baru adalah cost and benefit dari penggunaan sistem baru.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: SISKEUDES, perceived ease of use, perceived usefulness, attitude, behavioural intention to use.
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 16 Aug 2019 03:22
Last Modified: 16 Aug 2019 03:47
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/19666

Actions (login required)

View Item View Item