Aplikasi Sambungan RBS pada SRPMK dengan Kolom Dalam

Utomo, Junaedi (2009) Aplikasi Sambungan RBS pada SRPMK dengan Kolom Dalam. In: Konferensi Nasional Teknik Sipil 3 (KontekS 3), May 6-7, 2009, Jakarta, UPH Karawaci.

[img]
Preview
Text
Aplikasi Sambungan RBS 10.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu cara efektif untuk mendapat kemampuan pemencaran energi tinggi pada rangka baja terbuka adalah dengan membuat coakan pada sayap atas dan bawah balok di dekat muka kolom. Hasilnya adalah sambungan momen yang dikenal sebagai sambungan Reduced Beam Section (RBS). AISC telah membentuk Connection Prequalification Review Panel (CPRP) suatu badan independen yang melakukan review terhadap data hasil tes sesuai lampiran P dari ANSI/AISC 34105. Cara yang termudah dan juga murah untuk memenuhi ketentuan perencanaan tahan gempa untuk Sistem Rangka Pemikul Momen Khusus (SRPMK) adalah dengan memakai dokumen hasil kerja CPRP. Sambungan momen RBS merupakan salah satu sambungan yang direkomendasi oleh CPRP. Pendetilan sambungan ini sesuai format ANSI/AISC 358-05. FEMA-350-00 merekomendasi sambungan RBS untuk kolom W12 dan W14 namun ANSI/AISC 358-05 telah memperluas rekomendasi ini untuk kolom dalam, sehingga sambungan RBS dapat dipakai sampai kolom W36. Sambungan RBS, meskipun perilaku histeretisnya bagus, punya kelemahan yaitu interaksi instabilitas lokal dan lateral yang dampaknya mengurangi kemampuan balok mendukung beban. Semakin ketatnya batasan simpangan antar lantai pada peraturan yang berlaku saat ini menuntut kekakuan lateral yang lebih besar pada struktur, salah satu cara untuk mendapatkan struktur yang lebih kaku adalah dengan menggunakan kolom dalam. Struktur baja enam lantai tahan gempa, dengan penahan gaya lateral berupa sistem ganda pada satu arah dan SRPMK dengan kolom dalam pada arah yang lain akan direncanakan dengan sambungan RBS. Batasan-batasan dari ANSI/AISC 358-05 dan ANSI/AISC 341-05 dipakai dalam perencanaan ini.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: sambungan momen RBS, kolom dalam, pengujian kualifikasi, rotasi inelastis, ANSI/AISC 341-05, ANSI/AISC 358-05
Subjects: Sipil > Manajemen Konstruksi
Sipil > Manajemen Konstruksi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: wiwid bartolomeus wijayanto
Date Deposited: 20 Aug 2019 03:33
Last Modified: 20 Aug 2019 03:33
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/19686

Actions (login required)

View Item View Item