ANALISIS KERUSAKAN RUAS JALAN MENGGUNAKAN METODE BINA MARGA DAN PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) (Studi Kasus Jalan Raya Denpasar – Gilimanuk, Kabupaten Tabanan, Bali)

MAHARDIKA, I WAYAN (2019) ANALISIS KERUSAKAN RUAS JALAN MENGGUNAKAN METODE BINA MARGA DAN PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) (Studi Kasus Jalan Raya Denpasar – Gilimanuk, Kabupaten Tabanan, Bali). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (I WAYAN MAHARDIKA)
TS15603.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61MB)

Abstract

ANALISIS KERUSAKAN RUAS JALAN MENGGUNAKAN METODE BINA MARGA DAN PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) (STUDI KASUS JALAN RAYA DENPASAR – GILIMANUK, KABUPATEN TABANAN, BALI), I Wayan Mahardika, NPM 140215603, tahun 2019, Bidang Peminatan Transportasi, Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Jalan Raya Denpasar Gilimanuk, Kabupaten Tabanan, Bali merupakan ruas jalan nasional yang menyambung Kabupaten Tabanan menuju ke Gilimanuk. Jalan ini menjadi akses utama untuk angkutan umum seperti bus antar kota, ruas jalan ini juga memilki peran penting dalam akses perekonomian di Kabupaten Tabanan hal ini dapat dilihat dari volume lalu lintas ruas jalan cukup padat disetiap harinya. Namun hal ini juga mengakibatkan kondisi perkerasan permukaan jalan mengalami penurunan karena beban yang diterima jalan cukup tinggi. Kerusakan jalan memiliki beberapa faktor diantaranya beban dari volume lalu lintas dan kondisi alam disekitar ruas jalan. Dengan demikian penelitian ini dibuat dengan tujuan untuk mengevaluasi tingkat kerusakan jalan menggunakan metode Pavement Condition Index (PCI) dan mengidentifikasi jenis dan jumlah titik kerusakan yang terjadi dengan menggunakan Tata Cara Penyusunan Pemeliharaan Jalan Kota yang diterbitkan oleh Bina Marga. Hasil penelitian metode Pavement Condition Index menunjukan jenis kerusakan retak memanjang dan retak kulit buaya 53,6322 % dan 28,5238 % jenis xix kerusakan ini yang sering ditemukan disetiap segmen penelitian. Sedangkan nilai kondisi jalan menunjukan angka 3, hal ini bearti kondisi ruas 005 Jalan Nasional Raya Denpasar – Gilimanuk Kabupaten Tabanan, Bali rusak ringan, sehingga nilai urutan prioritas ruas jalan yaitu 7, menurut Tata Cara Penyusunan Program Pemeliharaan Jalan Kota No. 018/T/BNKT/1990 Jalan Raya Denpasar Gilimanuk cukup dimasukan ke pemeliharaan rutin dengan penanganan yang diberikan hanya terhadap lapis permukaan yang sifatnya untuk meningkatkan kualitas berkendaraan ( Riding Quality ), tanpa meningkatkan kekuatan struktural, dan dilakukan sepanjang tahun.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Tata Cara Penyusunan Program Pemeliharaan Jalan Kota, Pavement Condition Index kerusakan perkerasan jalan.
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 23 Aug 2019 04:01
Last Modified: 23 Aug 2019 04:01
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/19711

Actions (login required)

View Item View Item