PENGARUH TINGKAT KEMENARIKAN CELEBRITY ENDORSER ANDIEN AISYAH DALAM IKLAN YOUTUBE ADS CETAPHIL GENTLE SKIN CLEANSER TERHADAP SIKAP KONSUMEN MAHASISWI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK 2015 UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA

WARDANI, FLORENTINA KEZIA (2019) PENGARUH TINGKAT KEMENARIKAN CELEBRITY ENDORSER ANDIEN AISYAH DALAM IKLAN YOUTUBE ADS CETAPHIL GENTLE SKIN CLEANSER TERHADAP SIKAP KONSUMEN MAHASISWI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK 2015 UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (FLORENTINA KEZIA WARDANI)
KOM05803.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai pengaruh tingkat kemenarikan pada Andien Aisyah sebagai celebrity endorser iklan Cetaphil terhadap sikap konsumen yang merupakan mahasiswi FISIP Universitas Atma Jaya Yogyakarta angkatan 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah iklan dengan menggunakan celebrity endorser dapat mempengaruhi sikap konsumennya. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pengetahuan mengenai efektifitas penggunaan celebrity endorser yang mengiklankan produk kecantikan dan kesehatan. Pengaruh yang dihasilkan dalam penggunaan celebrity endorser dalam penelitian ini dibatasi pada sikap konsumennya saja. Untuk mengukur tingkat kemenarikan celebrity endorser, maka terdapat enam indikator dari celebrity endorser yang diukur yaitu keahlian, kepercayaan, kesukaan, status sosial, ras, dan agama. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang mnggunakan metode penelitian eksplanatif. Eksplanatif digunakan untuk memberikan keterangan mengenai suatu permasalahn dan menjelaskan hubungan kausal melaluin pengujian hipotesis. Penulis menggunakan metode pengumpulan data dengan menyebarkan kuisioner online kepada responden berdasarkan sampel kuota yang telah ditentukan yaitu mahasiswi FISIP UAJY angkatan 2015. Penelitian ini menggunakan program komputer SPSS versi 21, untuk membantu mengolah data. Hasil penelitian membuktikan adanya pengaruh tingkat kemenarikan Andien sebagai celebrity endorser pada iklan Cetaphil di Youtube Ads terhadap sikap konsumen yang merupakan mahasiswi FISIP UAJY angkatan 2015. Tingkat kemenarikan celebrity endorser mempengaruhi sikap konsumen sebesar 60,3%. Sisanya, dipengaruhi oleh faktor-faktor yang tidak dimasukan ke dalam penelitian ini. Artinya, faktor-faktor kemenarikan yang ada pada Andien sebagai celebrity endorser Cetaphil menjadi pengaruh bagi mahasiswi FISIP 2015 dalam mengubah sikapnya. Faktor-faktor keahlian, kepercayaan, kesukaan, ras, agama, dan status sosial Andien inilah yang mempengaruhi sikap mahasiswi FISIP 2015, baik mempengaruhi pada tataran pengetahuan, persepsi, afeksi, hingga ke sikap.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Iklan Youtube ads, kemenarikan celebrity endorser, sikap konsumen.
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 23 Aug 2019 05:18
Last Modified: 23 Aug 2019 05:27
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/19724

Actions (login required)

View Item View Item