PENGARUH AKUNTABILITAS, TRANSPARANSI PENGELOLAAN KEUANGAN, KOMITMEN ORGANISASI, DAN PENGENDALIAN INTERN TERHADAP KINERJA ORGANISASI PERANGKAT DAERAH KABUPATEN TORAJA UTARA

Sampeallo, Adianto (2019) PENGARUH AKUNTABILITAS, TRANSPARANSI PENGELOLAAN KEUANGAN, KOMITMEN ORGANISASI, DAN PENGENDALIAN INTERN TERHADAP KINERJA ORGANISASI PERANGKAT DAERAH KABUPATEN TORAJA UTARA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Adianto Sampeallo)
EA22309.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji konsistensi dan membuktikan kembali penelitian terdahulu yang dilakukan oleh Rangga (2018) pada objek penelitian yang berbeda yaitu pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Toraja Utara. Variabel independen dalam penelitian ini adalah akuntabilitas, transparansi pengelolaan keuangan, komitmen organisasi, pengendalian intern. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah Kinerja Organisasi Perangkat Daerah. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner. Kriteria sampel penelitian adalah pegawai yang melaksanakan fungsi akuntansi keuangan pada OPD minimal 2 tahun, yang terdiri atas Kepala Bagian Keuangan beserta staf akuntansi keuangan pada 27 OPD Dinas dan Badan Kabupaten Toraja Utara. Dari kuesioner yang dibagikan, responden yang mengisi lengkap kuesioner dan memenuhi purposive sampling adalah sejumlah 58 responden. Data kuesioner diuji dengan uji validitas, uji reliabilitas, dan pengujian hipotesis menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa akuntabilitas, transparansi pengelolaan keuangan, pengendalian intern berpengaruh positif terhadap kinerja OPD di Kabupaten Toraja Utara, sedangkan komitmen organisasi tidak berpengaruh terhadap kinerja pada OPD di Kabupaten Toraja Utara.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Akuntabilitas, Transparansi Pengelolaan Keuangan, Komitmen Organisasi, Pengendalian Intern, Kinerja pada OPD, Kabupaten Toraja Utara.
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Manejemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 26 Aug 2019 01:39
Last Modified: 26 Aug 2019 01:39
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/19731

Actions (login required)

View Item View Item