PROSES PENYUSUNAN PESAN DALAM MEMPROMOSIKAN PRODUK MELALUI AKUN INSTAGRAM @JoebillyGuitars

Cahya N, Andreas Kristantya (2019) PROSES PENYUSUNAN PESAN DALAM MEMPROMOSIKAN PRODUK MELALUI AKUN INSTAGRAM @JoebillyGuitars. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Andreas Kristantya Cahya N)
KOM04619.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyusunan pesan dalam mempromosikan produk melalui akun Instagram @joebillyguitars kepada target audiens Joe Billy. Joe Billy adalah salah satu usaha yang bergerak di penjualan alat musik. Beberapa produk yang dijual oleh Joe Billy adalah gitar, bass, dan aksesoris gitar maupun bass. Teknik-teknik berkomunikasi yang tentunya menjadi faktor penting untuk berlangsungnya bisnis ini. Oleh karena itu penelitian ini membahas mengenai proses penyusunan pesan yang dilakukan Joe Billy kepada audiens untuk meningkatkan penjualan. Objek dari penelitian ini adalah akun @joebillyguitars Metode dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang menggambarkan atau melukiskan objek penelitian berdasarkan faktafakta yang ada dilapangan. Teknik pengambilan data menggunakan wawancara. Data dikumpulkan dengan wawancara yang dilakukan kepada pemilik Joe Billy, serta pendalaman pada media Instagram. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menyampaikan pesan melalui media Instagram, Joe Billy melakukan tahapan-tahapan: 1. melakukan briefing perusahaan 2. menentukan target konsumen serta pemilihan media 3. mengidentifikasi kompetitor 4. pengambilan foto produk untuk konten life style dan selling 5. menentukan penulisan caption, tagar, dan mention untuk konten terkait 6. menentukan jam tayang konten Instagram. Pemilihan media sosial Instagram menjadi fokus media promosi Joe Billy karena menurut Joe Billy Instagram menjadi salah satu media sosial yang sangat popular dan memiliki efektifitas dalam menyampaikan pesan, dengan mengingat kemampuan media sosial yang dapat dijangkau dimanapun dan bisa mngumpulkan massa yang tidak terhitung banyaknya, juga tidak membutuhkan banyak biaya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Joe Billy, Instagram, Penyusunan Pesan
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 27 Aug 2019 02:56
Last Modified: 27 Aug 2019 02:56
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/19758

Actions (login required)

View Item View Item