PENERAPAN MERCHANDISE BUDGETING DI TOKO AGUS

SWITASARRA, ADELIA VENESKA (2019) PENERAPAN MERCHANDISE BUDGETING DI TOKO AGUS. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (ADELIA VENESKA SWITASARRA)
TI08359.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Toko Agus yang beralamat di Jalan Garuda, Wonocatur, Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan Convenience Store yang menjual kebutuhan sehari-hari, seperti sembako, makanan ringan, minuman ringan, serta barang-barang kebutuhan rumah tangga. Toko Agus mengalami permasalahan setiap akhir bulan, yaitu selalu ditemukan barang dagangan yang rusak dan kadaluwarsa. Barang dagangan yang selalu mengalami kerusakan dan kadaluwarsa adalah produk makanan ringan seperti ciki, biskuit/wafer, dan cemilan mie. Barang dagangan yang rusak biasanya ditemukan saat karyawan akan memindahkan persediaan barang dagang dari kotak ke display. Faktor utama yang menjadi penyebab produk makanan ringan di Toko Agus mengalami kerusakan dan kadaluwarsa adalah karena pemilik salah menentukan jumlah pembelian, yaitu terlalu banyak dalam membeli barang dagangan untuk dijual, baik itu dijual di Toko Agus sendiri maupun dijual ke toko-toko kecil. Kesalahan penentuan jumlah pembelian ini karena target penjualan yang ditetapkan okeh Toko Agus hanya berdasarkan perkiraan yang berakibat mengalami kesalahan menentukan jumlah pembelian barang dagangan, persediaan menjadi over dan pengawasan terhadap barang dagangan menjadi kurang. Sehingga dilakukan penelitian dengan merchandise planning yang terdiri atas manajemen kategori untuk membedakan jenis dari setiap kategori makanan ringan yang dijual, analisis Activity Based Costing (ABC) untuk mengetahui cepat atau lambatnya penjualan tiap jenis makanan ringan yang dijual, Merchandise budgeting untuk mengatur perencanaan yang berkaitan dengan penganggaran seperti target penjualan, jumlah stock yang diperlukan sesuai dengan target penjualan yang sudah ditetapkan, dan beberapa hal lain yang berkaitan dengan perencanaan keuangan serta Open-to-buy (OTB) untuk menentukan budget yang tepat untuk pembelian persediaan barang dagang pada bulan berikutnya. Kata Kunci : merchandise planning, manajemen kategori, metode ABC, merchandise budgeting, open-to-buy

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: merchandise planning, manajemen kategori
Subjects: Teknik Industri > Produksi
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 27 Aug 2019 03:53
Last Modified: 27 Aug 2019 03:53
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/19763

Actions (login required)

View Item View Item