ANALISIS SENTIMEN PUBLIK TERHADAP OBYEK WISATA DI KOTA MAKASSAR

Adinda, Mutiara (2019) ANALISIS SENTIMEN PUBLIK TERHADAP OBYEK WISATA DI KOTA MAKASSAR. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Mutiara Adinda)
TF07957.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Media sosial adalah wadah untuk mengungkapkan opini terhadap suatu topik tertentu. Ketersediaan informasi dan opini dari para pengguna media sosial merupakan kumpulan dokumen data berupa teks yang sangat besar dan berguna untuk kepentingan penelitian. Keberadaan media sosial Twitter telah menjadi tren oleh berbagai masyarakat di Indonesia. Twitter merupakan media sosial yang bisa mendapatkan berbagai infromasi seperti obyek wisata, tokoh publik, kuliner, dan lain-lain. Kebiasaan masyarakat untuk ingin tahu lebih luas tentang informasi tersebut cukup besar. Salah satu pembahasan dalam twitter adalah obyek wisata. Sehingga, hal ini membuat masyarakat sering berbagai akun yang berkaitan dengan obyek wisata yang ada di Kota Makassar baik untuk masyarakat lokal dan mancanegara. Penelitian mengenai analisis sentimen publik terhadap obyek wisata kota makassar biasanya berkaitan dengan masyarakat yang ingin berkunjung ke salah satu obyek wisata pada Kota Makassar dengan melihat data dari Twitter berupa komentar yang mengarah ke sisi Positif, Negatif, atau Netral pada salah satu obyek wisata. Penelitian ini menggunakan metode Klasifikasi Naive Bayes untuk melihat sejauh mana pandangan masyarakat terhadap obyek wisata kota makassar. Tahap penelitian ini dimulai dari pengumpulan data, preprocessing data, labeling data dan kemudian klasifikasi data menggunakan metode klasifikasi Naive Bayes. Pengumpulan data akan dilakukan dengan mengambil dari Twitter berupa komentar setiap masyarakat terhadap akun yang membagikan informasi obyek wisata kota makassar. Dari hasil analisis yang dicapai, sangat berguna untuk pengelolah obyek wisata untuk lebih memperbaiki kekurangan, menambah fasilitas, dan mengevaluasi kinerja mereka.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Analisis Sentimen, Obyek Wisata, Kota Makassar, Twitter, Naive Bayes.
Subjects: Teknik Informatika > Enterprise Inf System
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 27 Aug 2019 05:12
Last Modified: 27 Aug 2019 05:12
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/19769

Actions (login required)

View Item View Item