PENGARUH LEVEL INDIVIDU TERHADAP PEMBERITAAN PARTAI POLITIK (Studi Deskriptif Kualitatif Pengaruh Level Individu Kontributor iNews Jogja dalam Pemberitaan Tentang PERINDO Periode 2017-2019)

OKTAVIANI, MARIA FRANCISKA (2019) PENGARUH LEVEL INDIVIDU TERHADAP PEMBERITAAN PARTAI POLITIK (Studi Deskriptif Kualitatif Pengaruh Level Individu Kontributor iNews Jogja dalam Pemberitaan Tentang PERINDO Periode 2017-2019). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (MARIA FRANCISKA OKTAVIANI)
KOM05210.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai bagaimana pengaruh dari level individu kontributor iNews Jogja dalam Pemberitaan tentang PERINDO Periode 2017-2019. Menurut teori Hierarki pengaruh media yang dicetuskan oleh Pamela J. Shoemaker dan Stephen D. Reese, level individu merupakan level paling dasar dalam hirarki yang mempengaruhi konten, di mana dalam teori ini dibahas mengenai bagaimana karakteristik, seperti demografi pekerja media, latar belakang, pengalaman, dapat membentuk Nilai, Sikap dan Kepercayaan mereka, termasuk membentuk pengalaman profesional mereka di mana hal tersebut dapat mempengaruhi etika dan profesionalitas pekerja media dalam membuat konten. Ketiga hal tersebut dapat di lihat dalam konten media ketika pekerja media tersebut memiliki kekuasaan dalam organisasi media tempat mereka bekerja. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yaitu dengan teknik pengumpulan data wawancara dan pengamatan kegiatan peliputan kontributor yang terbagi di beberapa wilayah Yogyakarta dengan berdasarkan pada jumlah berita PERINDO yang masuk ke iNews Jogja. Pada hasil penelitian ini, status ekonomi sosial yang berada pada aspek latar belakang menjadi penggerak kontributor dalam tindakannya melakukan peliputan PERINDO. Kontributor yang bekerja berdasarkan kebutuhan ekonomi menghasilkan berita yang berbeda dengan kontributor yang bekerja menjadi kontributor karena bercita-cita menjadi jurnalis. Hal ini yang pada akhirnya mempengaruhi cara mereka memberitakan tentang partai PERINDO. Sehingga dapat disimpulkan bahwa temuan yang peneliti dapatkan mendukung Teori Hirarki Pengaruh, terkhusus pada Level Individu. Dijelaskan bahwa karakteristik dan latar belakang individu komunikator (dalam penelitian ini kontributor) yang merupakan aspek paling dasar dalam level individu mempengaruhi sikap nilai kepercayaan serta profesionalitas dan etika komunikator dalam pemberitaan sebuah media terutama dalam penelitian ini, berita tentang partai PERINDO di iNews Jogja periode 2017-2019.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Level individu, kontributor, berita partai politik, iNews Jogja.
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 28 Aug 2019 03:28
Last Modified: 28 Aug 2019 03:28
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/19779

Actions (login required)

View Item View Item