Implementasi Komunikasi Pemasaran Toko Ten Us dalam Membentuk Brand Awareness

Amal, Anisa (2019) Implementasi Komunikasi Pemasaran Toko Ten Us dalam Membentuk Brand Awareness. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img] Text
Kom_04793.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Fenomena menjamurnya sepatu jenis Sneakers di Indonesia masih terus bertahan hingga tahun 2019. Vans menjadi salah satu brand yang paling diminati. Pada tahun 2017 brand tersebut mengalami peningkatan penjualan 19% dibandingkan tahun sebelumnya, yang bahkan di tahun 2018 pun mengalami peningkatan sebanyak 35%. Sepatu, sebagai komoditas, secara perkembangannya bukan hanya merupakan alas kaki tetapi sudah menjadi bagian dari tren masyarakat. Kondisi ini dilirik oleh para pelaku bisnis. Di Yogyakarta, Toko Ten Us dengan konsisten menjadi salah satu pelaku bisnis penting yang dengan siasatnya menjadi andalan dari para penggemar sepatu Vans. Menariknya lagi toko ini menjual sepatuJapan Marketyang secara pre-riset tidak ditemukan toko lain yang serupa diYogyakarta, sebagai kota penyelenggara salah satu event Sneakers besar di Indonesia yakni Sole Vacation.Toko ini melakukan beberapa kegiatan seperti memanfaatkan endorsementdengan mengundang para influencerdalam membantu pemasaran Ten US, membuat event promotiondalam bentuk musik, membuat merchandise yang dilakukan atas kontrak dengan beberapa band, meyumbangkan dana yang didapat dari kolaborasi menggambar sepatu sebagai bentuk kepedulian dalam menanggapi bencana alam di beberapa daerah, serta potongan harga yang diterapkan dalam beberapa bulan sekali, dan sebagainya. Beberapa kegiatan tersebut rupanya merupakan kegiatan implementasi komunikasi pemasaran untuk membentuk brand awarenessyang dilakukan secara khas seperti dapat dilihat pada hasil temuan data dan analisis. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian berjumlah tiga orang, yakni pemilik toko dan dua tim marketing. Hasil wawancara pada mereka diterapkan di dalam bidangnya masing-masing untuk menjadi sumber data bagi peneliti dalam menjawab rumusan masalah: “Bagaimana implementasikomunikasi pemasaran Toko Ten Us dalam membentuk brand awareness?”

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: sepatu, vans, komunikasi pemasaran, brandawareness, toko, Ten Us
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: wiwid bartolomeus wijayanto
Date Deposited: 30 Aug 2019 08:38
Last Modified: 30 Aug 2019 08:38
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/19820

Actions (login required)

View Item View Item