PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN DI RUMAH SAKIT CAKRA HUSADA KLATEN JAWA TENGAH MENGGUNAKA NMETODE SERVQUAL DAN IPA

Wibawa, A.A. Bagus Ari (2019) PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN DI RUMAH SAKIT CAKRA HUSADA KLATEN JAWA TENGAH MENGGUNAKA NMETODE SERVQUAL DAN IPA. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img] Text
TI_07725.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kualitas layanan merupakan tolak ukur antara harapan dan kenyataan layanan yang diperoleh konsumen pada sebuah sistem industri. Kesuksesan pelayanan sangat bergantung pada tingkat kepuasan konsumen dan ini menjadi perhatian khusus bagi penyedia jasa layanan. Tingkat kepuasan tinggi yang diberikan oleh konsumen berdampak pada peningkatan keuntungan dari jasayang ditawarkan oleh industri. Salah satunya adalah industri pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Cakra Husada Klaten Jawa Tengah. Rumah sakit ini termasuk dalam kategori tipe D yang terus melakukan pengembangan kualitas pelayanan. Observasi awal yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan perlunya dilakukan peningkatan kualitas pelayanan pada poli spesialis mata. Metode Service Quality (Servqual)danImportance Performance Analysis (IPA)digunakan untuk mendapatkan kepuasan konsumen terhadap pelayanan rumah sakit saat ini. Fishbone Diagram digunakan untuk mendapatkan prioritas atribut pelayanan yang menjadi sumber masalah dalam penelitian. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan kualitas pelayanan pada empat dari limaatribut yang dipilih, yaitu atribut kemudahan dalam menggunakan mesin cetak nomor antrian, kebersihan toilet dan ruang tunggu, serta kesesuaian jadwal praktek dokterdengan nilai peningkatan kualitas tertinggi sebesar 0,1375, sedangkan atribut yang mengalami penurunan kualitas adala hatribut ketersediaan kotak kritik dan saran, sebesar -0.0625.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Layanan, Kepuasan Konsumen, Servqual, IPA
Subjects: Teknik Industri > Sistem Kerja
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: wiwid bartolomeus wijayanto
Date Deposited: 30 Aug 2019 09:41
Last Modified: 30 Aug 2019 09:41
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/19823

Actions (login required)

View Item View Item