ANALISIS PENGARUH PENGUNGKAPAN SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP NILAI PERUSAHAAN ASURANSI YANG TERDAFTAR DALAM BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2016 – 2018

Utomo, Yulius Setio (2019) ANALISIS PENGARUH PENGUNGKAPAN SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP NILAI PERUSAHAAN ASURANSI YANG TERDAFTAR DALAM BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2016 – 2018. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Yulius Setio Utomo)
EA19983.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengungkapan sumber daya manusia terhadap nilai perusahaan dengan variabel kontrol profitabilitas dan ukuran perusahaan. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dalam bentuk laporan tahunan yang diperoleh dari Bursa Efek Indonesia periode tahun 2016-2018. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan 10 sampel perusahaan perusahaan asuransi yang terdaftar di BEI. Variabel dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: variabel independen pengungkapan sumber daya manusia (HRADI), variabel kontrol meliputi profitabilitas (ROA) dan ukuran perusahaan (SIZE), dan nilai perusahaan (TobinQ) sebagai variabel dependen. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengungkapan sumber daya manusia (HRADI) dan profitabilitas (ROA) berpengaruh positif, sedangkan ukuran perusahaan (SIZE) tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan (TobinQ).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengungkapan sumber daya manusia, nilai perusahaan, profitabilitas dan ukuran perusahaan
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 02 Sep 2019 04:12
Last Modified: 02 Sep 2019 04:12
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/19832

Actions (login required)

View Item View Item