PENGARUH KOMPETENSI, INDEPENDENSI, DAN SKEPTISISME PROFESIONAL TERHADAP KEMAMPUAN AUDITOR MENDETEKSI FRAUD (Studi Empiris pada Perwakilan BPKP Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta)

Dirdayana, Ludgerus Dianio (2019) PENGARUH KOMPETENSI, INDEPENDENSI, DAN SKEPTISISME PROFESIONAL TERHADAP KEMAMPUAN AUDITOR MENDETEKSI FRAUD (Studi Empiris pada Perwakilan BPKP Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Ludgerus Dianio Dirdayana)
EA21529.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui arah dari pengaruh kompetensi, independensi, dan skeptisisme profesional terhadap kemampuan auditor mendeteksi kecurangan (fraud). Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer yang dikumpulkan menggunakan kuesioner. Objek penelitian ini adalah auditor yang bekerja pada Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Penelitian ini melibatkan responden yang berjumlah 39 auditor. Kuesioner dikumpulkan menggunakan teknik purposive sampling. Data kuesioner diuji menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Hasil dari penelitian ini adalah kompetensi tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan auditor dalam mendeteksi kecurangan. Independensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan auditor dalam mendeteksi kecurangan. Skeptisisme profesional tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan auditor dalam mendeteksi kecurangan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi, independensi, skeptisisme profesional, fraud, BPKP Perwakilan DIY
Subjects: Akuntansi > Auditing dan Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 02 Sep 2019 04:23
Last Modified: 02 Sep 2019 04:23
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/19834

Actions (login required)

View Item View Item