USULAN PENGURANGAN WAKTU PENYELESAIAN ORDER DI ALETA LEATHER YOGYAKARTA

LUKITA, ALEXANDRA DENISE (2019) USULAN PENGURANGAN WAKTU PENYELESAIAN ORDER DI ALETA LEATHER YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (ALEXANDRA DENISE LUKITA)
TI08616.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Aleta Leather merupakan salah satu produsen aksesoris berbahan kulit asli yang terletak di Yogyakarta. Untuk memenuhi due date pesanan pelanggan, bagian produksi perusahaan masih melakukan lembur (waktu untuk menyelesaikan pesanan). Lembur dilakukan setiap hari kerja, bahkan terkadang hari Minggu juga. Tujuan penelitian ini adalah memberikan usulan perbaikan untuk mengurangi waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan pesanan pelanggan. Proses produksi yang diteliti adalah proses produksi tempat ID card. Hal ini dikarenakan perusahaan rutin menerima permintaan produk jenis ini. Pendekatan penyelesaian masalah yang digunakan dalam penelitian ini adalah lean manufacturing dengan tool value stream mapping untuk menganalisis aktivitas produksi. Untuk menganalisis kondisi aliran nilai pada proses produksi tempat ID card saat ini, penulis menggunakan current state value stream map. Dari current state value stream map, didapatkan jumlah waktu aktivitas tidak bernilai tambah (non value added) dan jumlah waktu aktivitas bernilai tambah (value added). Waktu aktivitas tidak bernilai tambah perlu direduksi karena merupakan pemborosan. Untuk menentukan jenis pemborosan yang perlu menjadi perhatian utama untuk dikurangi, penulis menggunakan tool diagram pareto. Selanjutnya, penulis menyusun diagram sebab-akibat untuk menemukan akar masalah penyebab pemborosan. Akar masalah yang ditemukan dijadikan dasar untuk menentukan usulan perbaikan yang sesuai untuk mengurangi pemborosan waktu produksi. Untuk menganalisis kondisi aliran nilai produksi tempat ID card setelah dilakukan perbaikan, penulis menyusun future state value stream map. Perbandingan waktu aktivitas non value added dan value added antara current dan future state value stream map dijadikan dasar untuk menentukan apakah tujuan penelitian ini telah tercapai. Dari analisis current state value stream map, diketahui bahwa terdapat tiga jenis pemborosan di lantai produksi, yaitu motion, transportation, dan inventory. Jumlah waktu aktivitas non value added dan value added pada current state map adalah 1407,57 detik dan 985,98 detik, dengan masing-masing persentase adalah 59% dan 41%. Usulan perbaikan yang diberikan untuk mengurangi pemborosan adalah penambahan jabatan supervisor produksi, penyediaan tempat penyimpanan peralatan, penambahan kegiatan inspeksi, penyusunan SOP proses produksi, dan pembuatan stasiun kerja sesuai dengan urutan proses produksi. Dari future state value stream map yang disusun, diketahui waktu aktivitas non value added berkurang menjadi 51%, sedangkan waktu aktivitas value added bertambah menjadi 49%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Lean manufacturing, value stream mapping, pemborosan motion, pemborosan transportation, pemborosan inventory
Subjects: Teknik Industri > Sistem Kerja
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 04 Sep 2019 04:42
Last Modified: 04 Sep 2019 04:42
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/19860

Actions (login required)

View Item View Item