PENERAPAN CHURNALISM PADA BERITA RADIO (Studi Deskriptif Kualitatif Penerapan Churnalism pada Berita Radio Warta Nada Spesial Koes Ploes dan Koes Bersaudara di Radio Retjo Buntung Yogyakarta)

Rachmawan, Ervan Nur (2019) PENERAPAN CHURNALISM PADA BERITA RADIO (Studi Deskriptif Kualitatif Penerapan Churnalism pada Berita Radio Warta Nada Spesial Koes Ploes dan Koes Bersaudara di Radio Retjo Buntung Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Ervan Nur Rachmawan)
KOM05375.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Churnalism merupakan kegiatan mengutip berita dari media lain sebagai cara untuk memperoleh sumber pemberitaan. Churnalism saat ini telah banyak diterapkan di beberapa radio swasta di Yogyakarta. Penulis melakukan pengamatan pada Radio Retjo Buntung dalam program berita radio Warta Nada Spesial Koes Ploes dan Koes Bersaudara. Pengamatan yang dilakukan meliputi media online yang menjadi sumber pemberitaan Radio Retjo Buntung dan berita yang disiarkan. Pemilihan Radio Retjo Buntung karena radio ini memiliki program berita radio Warta Nada Koes Ploes dan Koes Bersaudara yang menyiarkan sedikitnya 12 berita tiap program. Radio Retjo Buntung tidak lagi mempekerjakan jurnalis untuk melakukan peliputan berita di lapangan. Penelitian mengenai churnalism juga pernah dilakukan pada media cetak koran di Inggris oleh Nick Davies (2008). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan churnalism sebagai cara untuk memperoleh sumber pemberitaan pada program berita radio Warta Nada Koes Ploes dan Koes Bersaudara di Radio Retjo Buntung dan mengetahui penyebab diterapkannya churnalism pada program berita radio Warta Nada Koes Ploes dan Koes Bersaudara. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil wawancara dan observasi dianalisis menggunakan kaidah-kaidah penerapan churnalism. Penerapan churnalism sebaiknya dimulai dengan seleksi awal berita oleh redaktur atau reporter. Mereka seharusnya mengerti benar isi dari pemberitaan. Selanjutnya dilakukan analisi terhadap berbagai fakta dalam pemberitaan. Hasil yang didapat dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Radio Retjo Buntung melakukan churnalism dalam berita radio Warta Nada Koes Ploes dan Koes Bersaudara. Penyebabnya jurnalis mengalami kesulitan dalam mengakses narasumber berita, jurnalis mengalami gangguan teknis saat melakukan live report, karakteristik pendengar Radio Retjo Buntung yang belum online minded. Tahap penerapan churnalism di Radio Retjo Buntung pada program berita radio Warta Nada Koes Ploes dan Koes Bersaudara meliputi melakukan seleksi pemberitaan dan mengedit berita churnalism.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Penerapan Churnalism, Proses Churnalism, Radio Retjo Buntung
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 05 Sep 2019 03:55
Last Modified: 05 Sep 2019 03:55
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/19872

Actions (login required)

View Item View Item