PENGELOLAAN PESAN INSTAGRAM SEBAGAI SARANA MEMBANGUN BRAND IDENTITY ERHA COFFEE & LITERACY YOGYAKARTA

PRASETYO, DAVID CHRISTANTO (2019) PENGELOLAAN PESAN INSTAGRAM SEBAGAI SARANA MEMBANGUN BRAND IDENTITY ERHA COFFEE & LITERACY YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (DAVID CHRISTANTO PRASETYO)
KOM04721.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan pesan Instagram Erha Coffee & Literacy untuk membangun brand identity Erha Coffee & Literacy. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Subjek penelitian yaitu General Manager Erha Coffee & Literacy, Marketing Erha Coffee & Literacy, dan tim kreatif Erha Coffee & Literacy. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Metode deskriptif cenderung menceritakan dan menjelaskan suatu kejadian yang sesuai dengan yang terjadi pada objek penelitian. Objek penelitian ini adalah Instagram Erha Coffee & Literacy. Penelitian ini dilakukan dengan wawancara kepada tiga narasumber dari Erha Coffee & Literacy dan observasi pada akun Instagram Erha Coffee & Literacy. Dalam pengelolaannya, Erha Coffee & Literacy mengungah konten yang mengandung unsur brand identitty yaitu mengenai merepresentasikan latar belakang, prinsip-prinsip, identitas, dan tujuan merek dan selalu konsisten memberikan nama dan logo pada setiap unggahan di Instagram. Erha Coffee & Literacy pada saat mengunggah konten beberapa kali mengunggah tidak sesuai jadwal yang telah dibuat, sedangkan pada pendekatan kepada audiens di Instagram, Erha Coffee & Literacy masih kurang karena dapat dilihat melalui balasan setiap komentar pada unggahan di kolom komentar karena pada Instagram hanya membalas komentar dengan singkat. Hal ini dilakukan karena Erha Coffee & Literacy lebih membangun kedekatan dan brand identity kepada pengunjung yang langsung datang ke cafe Erha Coffee & Literacy. Menurut hasil penelitian, Erha Coffee & Literacy dapat membangun brand identity melalui Instagram. Hal ini dapat dilihat pada setiap unggahan pada feed Instagram yang dimana terlihat pada feed Instagram menggambarkan tentang menu/ produk, suasana Erha Coffee & Literacy, pelayanan, positioning, atribut brand, tujuan merek, identitas merek, dan brand story yang dapat dilihat melalui setiap konten yang diungah selalu menggunakan teknik fotografi yang bagus, lugas, memiliki cerita, dan selalu mengungah foto yang fresh. Pada InstaStory, Erha Coffee & Literacy membangun elemen terlihat seperti menampilkan logo dan nama brand dalam setiap unggahannya melalui InstaStory.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Instagram, brand identity, coffee shop
Subjects: Komunikasi > Advertising
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 05 Sep 2019 04:30
Last Modified: 05 Sep 2019 04:30
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/19875

Actions (login required)

View Item View Item