MOTIF KHALAYAK PENDENGAR MENDENGARKAN PROGRAM ACARA EVENING JAMZ DI RADIO UNISI YOGYAKARTA

Nuraeni, Maria Puji (2019) MOTIF KHALAYAK PENDENGAR MENDENGARKAN PROGRAM ACARA EVENING JAMZ DI RADIO UNISI YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Maria Puji Nuraeni)
KOM04794.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Radio sebagai salah satu media massa mempunyai ciri yang berbeda dari media massa lainnya. Ciri yang berbeda itu ialah bersifat audial, murah dan bisa didengarkan di mana saja. Oleh sebab itu, radio mendapatkan hati di kalangan pendengarnya karena media ini bisa didengarkan sambil melakukan aktfitas lain. Karena perkembangannya yang pesat, radio memproduksi program-program acara yang berkualitas sehingga tepat sasaran pendengarnya dan tidak mengurangi karakteristik radio sebagai media massa. Salah satu radio di Yogyakarta yang sudah menempuh banyak jalan selama 44 tahun sehingga namanya menjadi besar adalah Radio Unisi Yogyakarta. Program acara di Radio Unisi Yogyakarta yang menjadi program siaran utama salah satunya adalah Evening Jamz. Program acara ini selalu mempunyai audience yang berkomunikasi dengan penyiar baik dalam bentuk request lagu, kirim salam atau hanya menanggapi topik yang dibicarakan penyiar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motif audience mendengarkan program acara Evening Jamz di Radio Unisi Yogyakarta. Terdapat beberapa teori yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu: teori Uses and Gratification, motif menggunakan media massa dan kebutuhan khalayak pada pemenuhan individual yang dilihat dari motifnya masing-masing. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Metode yang digunakan adalah wawancara yang dilakukan pada pihak audience yang mendengarkan program Evening Jamz di Radio Unisi Yogyakarta. Audience yang dipilih sebagai narasumber adalah yang mendengarkan program Evening Jamz secara aktif selama enam bulan terakhir. Selain itu juga mengumpulkan data berupa dokumen Radio Unisi Yogyakarta terkait data pendengar. Hasil penelitian terkait dengan motif audience mendengarkan program acara Evening Jamz di Radio Unisi Yogyakarta adalah mengakses radio untuk mendapatkan kepuasan pada kebutuhan dan kebutuhan pada audience dalam mencari relasi dan dolusi saat mendengarkan program Evening Jamz. Selain itu kebutuhan audience secara umum juga terpenuhi melalui program ini. Kesimpulan dari penelitian terkait motif audience mendengarkan program acara Evening Jamz di Radio Unisi Yogyakarta Yogyakarta didasari atas keberadaan radio sebagai teman akrab yang selalu menemani audience baik dalam perjalanan maupun waktu senggang, di mana keakraban ini juga membuat audience merasa dekat dengan penyiar. Selebihnya informasi dari radio juga menjadi begitu khas karena para pendengar dapat memuaskan rasa ingin tahu mereka.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Motif Audience, Program Radio, Program Acara Evening Jamz, Radio Unisi Yogyakarta
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 05 Sep 2019 05:00
Last Modified: 05 Sep 2019 05:00
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/19877

Actions (login required)

View Item View Item