PEMBANGUNAN APLIKASI PENGENALAN TENUN LURIK KLATEN BERBASIS MOBILE

IRIANTI, AGNES MENTARI PUTRI (2019) PEMBANGUNAN APLIKASI PENGENALAN TENUN LURIK KLATEN BERBASIS MOBILE. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (AGNES MENTARI PUTRI IRIANTI)
TF07418.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pelestarian budaya dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan cara melestarikan Tenun Lurik yang sangat beragam di Indonesia khusunya Tenun lurik Klaten. Lurik menurut Ensiklopedi Nasional Indonesia (1997) adalah suatu kain hasil tenunan benang yang berasal dari Jawa Tengah dengan motif dasar garis-garis atau kotak-kotak dengan warna-warna suram yang pada umumnya diselingi aneka warna benang. Kata Lurik berasal dari akar kata rik yang artinya garis atau parit yang dimaknai sebagi pagar atau pelindung bagi pemakainya. Tenun Lurik Klaten adalah Tekstil dengan motif garis yang dibuat dengan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM) di Desa Kedungan, Kecamatan Pedan,Kabupaten Klaten. Tenun Lurik Klaten ini memiliki banyak corak(motif). Saat ini masyarakat masih banyak yang belum tahu tentang Tenun lurik Klaten. Di era globalisasi saat ini, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi berkembang dengan sangat pesat. Khususnya penggunaan smartphone dalam kehidupan sehari-hari, hampir setiap orang telah memiliki smartphone. Oleh sebab itu penulis berinisiatif untuk membuat sebuah aplikasi berbasis mobile (KlatenLurik) diharapkan masyarakat akan lebih mudah untuk melihat apa itu Tenun Lurik Klaten serta manfaatnya. Pembuatan aplikasi ini dimulai dari tahap pengumpulan data, melakukan perencanaan sistem, perencanaan tampilan dan alur program, dilanjutkan dengan mengimplementasikan rancangan kedalam program dengan menggunakan Android Studio. Untuk pengembangan aplikasi ini menggunakan Android Studio dan untuk pengelolaan basis data menggunakan MySql. Hasil yang diharapkan dari pembanguanan aplikasi ini adalah bertambahnya pengatahuan masyarakat tentang Tenun Lurik Klaten serta dapat meningkatkan produktivitas dari Perajin Tenun Lurik Klaten.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Android, pembangunan aplikasi pengenalantenunlurikKlaten, pengenalan tenun lurik Klaten, Tenun Lurik Klaten.
Subjects: Teknik Informatika > Mobile Computing
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 06 Sep 2019 02:30
Last Modified: 06 Sep 2019 02:30
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/19884

Actions (login required)

View Item View Item