DUKUNGAN SISTEM PERINGATAN DINI TERHADAP KESIAPSIAGAAN BENCANA Studi Kasus: Masyarakat Kalitengah Lor, Glagaharjo, Cangkringan, Sleman Yogyakarta

Anindito B.P, Kusumo Wardono (2019) DUKUNGAN SISTEM PERINGATAN DINI TERHADAP KESIAPSIAGAAN BENCANA Studi Kasus: Masyarakat Kalitengah Lor, Glagaharjo, Cangkringan, Sleman Yogyakarta. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Kusumo Wardono Anindito B.P)
SOS04667.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui pemanfaatan sistem peringatan dini oleh masyarakat Kalitengah Lor untuk membangun kesiapsiagaan bencana terhadap kemungkinan erupsi Gunung Merapi yang akan datang. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif. subjek penelitan adalah Masyarakat Dusun Kalitengah Lor dan para pemangku kepentingan lain, seperti BPBD Kabupaten Sleman, BPBD DIY, BPPTK, SAR DIY, dan beberapa lembaga lain terkait, akan diposisikan sebagai sumber data pendukung untuk menjelaskan bagaimana masyarakat mempersiapkan kesiapsiagaan bencana dengan dukungan EWS. Pengetahuan merupakan faktor utama dan menjadi kunci untuk kesiapsiagaan, telah terciptanya pengetahuan tentang kebencanaan diindikasikan dengan adanya pemahaman mengenai kondisi lingkungan (Mulyani: 2014). Alasan dipergunakannya metode ini berkaitan dengan obyek yang akan diteliti, yaitu masyarakat manusia (social) yang berada pada cakupan wilayah yang relatif “sempit” atau terjangjau oleh penulis. Lingkup wilayah riset ini adaah dusun atau pedukuhan. Penelitian kualitatif dilakukan dengan wawancara kepada lima narasumber dari warga Dusun Kalitengah Lor.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kesiapsiagaan bencana, pengetahuan, dusun kalitengah lor.
Subjects: Sosiologi > Media
Divisions: Fakultas ISIP > Sosiologi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 16 Sep 2019 01:41
Last Modified: 16 Sep 2019 01:41
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/19963

Actions (login required)

View Item View Item