PENGARUH TRANSPARANSI TERHADAP KINERJA PEMERINTAH DAERAH

Adiharsa, Valentinus Vicky (2019) PENGARUH TRANSPARANSI TERHADAP KINERJA PEMERINTAH DAERAH. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Valentinus Vicky Adiharsa)
EA21212.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh transparansi pengelolaan keuangan pemerintah daerah terhadap kinerja pada pemerintah provinsi se-Indonesia. Dengan beberapa masalah fenomena yang terjadi menggambarkan bahwa pemerintah daerah belum sepenuhnya transparan dan dapat mengakibatkan penilaian kinerja yang buruk. Penelitian ini menggunakan indikator transparansi pengelolaan keuangan pemerintah daerah berupa nilai indeks yang terdapat pada aplikasi Stat Planet (Maksi Indeks KeuDa) yang dipublikasikan oleh FEB UGM. Indikator Kinerja pada penelitian ini menggunakan EKPPD. Objek yang digunakan didalam penelitian ini Pemerintah Daerah Provinsi. Penelitian ini menggunakan 60 sampel dengan perincian data 30 pemerintah daerah provinsi tahun 2015-2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier dan uji t. Hasil penelitian menyatakan bahwa transparansi berpengaruh terhadap kinerja. Transparansi sebagai keterbukaan informasi publik memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan partisipasi publik. Dengan adanya keterlibatan publik dalam mengontrol dan mengawasi penyelenggaraan pemerintah daerah tersebut maka kinerja yang dihasilkan pemerintah akan berjalan dengan baik. Dengan adanya transparansi akan memberikan dampak terhadap peningkatan kinerja pemerintah daerah. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa transparansi berpengaruh positif terhadap kinerja pemerintah provinsi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Transparansi, Kinerja, Keterbukaan Informasi Publik.
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Manejemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 20 Sep 2019 03:21
Last Modified: 20 Sep 2019 03:21
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/20053

Actions (login required)

View Item View Item