RUMAH SINGGAH KANKER UNTUK ANAK YANG RAMAH ANAK DENGAN PENDEKATAN PSIKOLOGI ANAK DI KABUPATEN SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

SARI, HASNAWATI NUR INDAH PARAMITA (2019) RUMAH SINGGAH KANKER UNTUK ANAK YANG RAMAH ANAK DENGAN PENDEKATAN PSIKOLOGI ANAK DI KABUPATEN SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (HASNAWATI NUR INDAH PARAMITA SARI)
TA15896.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46MB)

Abstract

Salah satu penyakit yang menjadi permasalahan di Indonesia adalah penyakit kanker, Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki prevalensi tertinggi untuk penyakit kanker, sedangkan Jawa Tengah memiliki estimasi penderita kanker terbanyak. Pengobatan yang cukup lama dengan metode-metode khusus membuat beberapa pasien penderita kanker harus dirujuk dirumah sakit dengan peralatan yang lebih memadai. Selain mempengaruhi kondisi psikologis dan fisik selama masa pengobatan, keluarga pasien anak penderita kanker juga mengalami pengaruh pada kondisi ekonomi, seperti biaya tempat tinggal sementara selama masa pengobatan. Saat ini sudah terdapat Rumah Singgah Kanker di Yogyakarta, namun bukan di daerah yang menjadi penghubung antara Kota Yogyakarta dengan Jawa Tengah, atau di daerah yang mudah dijangkau oleh pasien yang berasal dari luar kota. Kapasitas yang dimiliki oleh rumah singgah untuk menampung pasien penderita kanker baik anak-anak maupun dewasa masih minim, bangunan terkesan kaku dan monoton, dalam hal pemilihan warna, penataan ruang, serta belum adanya fasilitas seperti ram yang membantu pasien pengguna kursi roda. Rancangan rumah singgah bagi pasien anak penderita kanker yang memperhatikan elemen-elemen ruang dalam dan ruang luar sangat diperlukan. Ruang-ruang hunian, belajar, area hijau, dan area bermain yang ramah anak, anak merasa aman dan nyaman selama beraktvitas. Penggunakan metode pendekatan psikologi anak merupakan pendekatan yang akan digunakan untuk merancang rumah singgah untuk anak. Aplikasi pendekatan psikologi anak diharapkan dapat mewujudkan sebuah rumah singgah yang memperhatikan psikologi pengguna dalam hal ini adalah anak, sehingga memberikan dampak positif bagi psikologi pengguna, terutama selama masa pengobatan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Rumah Singgah Kanker Anak, Elemen Ruang Dalam dan Ruang Luar, Ramah Anak, Psikologi Anak
Subjects: Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Penelitian Dosen > Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 23 Sep 2019 03:14
Last Modified: 23 Sep 2019 03:14
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/20079

Actions (login required)

View Item View Item