HOTEL RESOR YANG MENGINTEGRASIKAN KEGIATAN HUNIAN DAN REKREASI DENGAN PENDEKATAN “ARSITEKTUR TROPIS” DI KULON PROGO, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

MEHA, MARCELINUS AFRISGE NOVIAN HUNGA (2019) HOTEL RESOR YANG MENGINTEGRASIKAN KEGIATAN HUNIAN DAN REKREASI DENGAN PENDEKATAN “ARSITEKTUR TROPIS” DI KULON PROGO, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (MARCELINUS AFRISGE NOVIAN HUNGA MEHA)
TA14305.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Salah satu wujud pembangunan di sektor Pariwisata adalah pembangunan Hotel Khususnya Hotel Resor di Desa Glagah, Kecamatan Temon, Kulon Progo. Seiring dengan pembangunan Bandar Udara Yogyakarta, Di Kulon Progo, Desa Glagah diprediksi dalam beberapa tahun kedepan akan mengalami kenaikan dibidang kependudukan (Kunjungan Wisata) dan ekonomi sehingga dapat mengganggu vitalitas ruang Desa Glagah. Pengolahan area hunian dan rekreasi sebagai sarana dan prasarana desa diperlukan agar terintegrasi antara Pariwisata dan fungsi sebagai Desa Wisata Glagah (Bandara Yogyakarta). Dalam perencanaan pengembangannya memperhatikan aspek keseimbangan budaya dan tidak merusak ekosistem lingkungan yang ada. Lingkungan permukiman pertanian memiliki karakteristik yang khas, yaitu banyaknya lahan pertanian yang digunakan sebagai mata pencarian utama. Penataan Kawasan Kampung Wisata dikembangkan menjadi suatu perencanaan kawasan wisata yang berbasis Arsitektur Tropis. Konsep wisata Tropis merupakan konsep yang mengkombinasikan aspek Iklim dan budaya dalam menciptakan sebuah kawasan wisata. Area Pembangunan Hotel Resor dilengkapi fasilitas-fasilitas rekreasi agar tercipta Penataan ruang dan sistem pengelolaan yang baik, nyaman bagi penghuni dan pengunjung dengan mengolah ruang luar – ruang dalam. Fasilitas yang dikembangkan dengan melihat: penyatuan suasana Kampung; fasilitas dapat digunakan bersama oleh warga Desa Glagah dan wisatawan; serta karakter kawasan minapolitan dipertahankan dan unsur budaya lokal sebagai citra kawasan. Melalui rencana pembangunan Hotel Resor ini di Kampung Wisata Desa Glagah diharapkan bisa menjadi bangunan yang tertata dan terencana sehingga mampu memberikan sebuah solusi yang tepat baik terhadap budaya dan pariwisata sebagai nelayan dan petani serta menjaga nilai lokal dari Kampung Wisata tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Hunian, rekreasi, wisata, kawasan wisatai, ruang luar – ruang dalam, Arsitektur Tropis.
Subjects: Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Penelitian Dosen > Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 23 Sep 2019 04:37
Last Modified: 23 Sep 2019 04:37
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/20090

Actions (login required)

View Item View Item