ANALISIS KINERJA RUAS JALAN (Studi Kasus : Jalan Timoho, Daerah Istimewa Yogyakarta)

OTOR, VIKTOR GINSI SURYANTA (2019) ANALISIS KINERJA RUAS JALAN (Studi Kasus : Jalan Timoho, Daerah Istimewa Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (VIKTOR GINSI SURYANTA OTOR)
TS15555.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Jalan Timoho memiliki volume lalu lintas yang cukup tinggi dan merupakan salah satu jalan yang disibukan oleh aktivitas lalu lintas. Disisi kiri dan kanan jalan terdapat hotel, warung makan, kampus, sekolah, toko dan pedagang kaki lima yang biasanya menyebabkan penumpukan kendaraan terutama pada jam sibuk yaitu jam masuk dan pulang kerja. Penelitian pada ruas Jalan Timoho dilakukan pada hari Jumat 12 April 2019, Sabtu 13 April 2019, dan Senin 15 April 2019 dengan cara pengambilan 2 data yaitu data primer yang dilakukan dalam 2 tahap berupa obsevasi awal yaitu pengambilan data kondisi geometrik jalan, obsevasi akhir yaitu melakukan pendataan volume lalu lintas, kecepatan kendaraan dan hambatan samping. Data sekunder berupa data jumlah pertumbuhan penduduk yang didapat dari Badan Pusat Statistik (BPS). Analisis data berdasarkan Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997, dan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor KM 14 Tahun 2006. Berdasarkan analisis yang di lalukan volume lalu lintas tertinggi di dapat Q sebesar 1827,9 smp/jam, total frekuensi berbobot hambatan samping sebesar 412. Kecepatan arus bebas kendaraan ringan (FV) sebesar 34,7 km/jam, kecepatan rerata kendaraan ringan (V) sebesar 23 km/jam, waktu tempuh 7,83 detik, kapasitas (C) sebesar 2020,92 smp/jam, derajat kejenuhan (DS) sebesar 0,9, dan termasuk dalam tingkat pelayanan E. Solusi terbaik untuk ruas Jalan Timoho adalah memberlakukan larangan kendaraan untuk keluar masuk di sisi jalan dan memberlakukan larangan parkir di sisi jalan dengan Q sebesar 1827,9 smp/jam, total frekuensi berbobot hambatan samping sebesar 60,43. Kecepatan arus bebas kendaraan ringan (FV) sebesar 40,92 km/jam, kecepatan rata-rata kendaraan ringan (V) sebesar 31 km/jam, waktu tempuh 5,8 detik, kapasitas (C) sebesar 2453,4 smp/jam, derajat kejenuhan (DS) sebesar 0,74, dan termasuk dalam tingkat pelayanan B.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kinerja, kapasitas, kecepatan, derajat kejenuhan, hambatan samping, dan tingkat pelayanan
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 25 Sep 2019 05:20
Last Modified: 25 Sep 2019 05:20
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/20122

Actions (login required)

View Item View Item