Penerapan Jurnalisme Lingkungan pada Pemberitaan Reklamasi Teluk Benoa (Studi Kasus Penerapan Jurnalisme Lingkungan pada Pemberitaan Reklamasi Teluk Benoa di SKH Nusa Bali Periode 29 Januari 2016 – 23 Juni 2018)

Maruti, I Gusti Agung Bagus Tantra (2019) Penerapan Jurnalisme Lingkungan pada Pemberitaan Reklamasi Teluk Benoa (Studi Kasus Penerapan Jurnalisme Lingkungan pada Pemberitaan Reklamasi Teluk Benoa di SKH Nusa Bali Periode 29 Januari 2016 – 23 Juni 2018). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (I Gusti Agung Bagus Tantra Maruti)
KOM04701.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan jurnalisme lingkungan pada pemberitaan reklamasi Teluk Benoa di SKH Nusa Bali dan faktor-faktor yang memengaruhi penerapan jurnalisme lingkungan tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Populasi penelitian yaitu berita kasus reklamasi Teluk Benoa di SKH Nusa Bali. Sampel penelitian adalah keseluruhan berita kasus reklamasi Teluk Benoa periode 29 Januari 2016 – 23 Juni 2018 sejumlah 32 berita. Metode analisis data menggunakan analisis isi. Analisis isi dilakukan dengan empat unit analisis berdasarkan empat sikap jurnalisme lingkungan (Sudibyo, 2014). Empat unit analisis tersebut adalah: pro keberlanjutan, biosentris, pro keadilan lingkungan dan profesional. Uji reliabilitas dilakukan terhadap 10 berita acak agar keempat unit analisis reliabel. Penelitian kualitatif dilakukan dengan wawancara kepada empat narasumber dari SKH Nusa Bali. Penelitian ini menemukan bahwa SKH Nusa Bali hanya menerapkan satu aspek jurnalisme lingkungan yaitu pro-keadilan lingkungan dan tidak menerapkan tiga aspek lainnya yaitu pro keberlanjutan, biosentris dan profesional. Faktor-faktor yang memengaruhi penerapan jurnalisme lingkungan di SKH Nusa Bali adalah faktor individual, media routines, dan ideologi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Jurnalisme lingkungan, reklamasi, teluk benoa, SKH Nusa Bali, hirarki pengaruh
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 30 Sep 2019 02:08
Last Modified: 30 Sep 2019 02:08
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/20141

Actions (login required)

View Item View Item