Transformasi Peraturan Permainan Bola Basket (Studi Deskriptif Kualitatif Analisis Proses Transformasi Peraturan Permainan Bola Basket oleh Wasit PERBASI D.I Yogyakarta)

SOKANG, EMILIANA (2019) Transformasi Peraturan Permainan Bola Basket (Studi Deskriptif Kualitatif Analisis Proses Transformasi Peraturan Permainan Bola Basket oleh Wasit PERBASI D.I Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (EMILIANA SOKANG)
KOM05253.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini meneliti mengenai komunikasi dalam bidang olahraga khususnya wasit PERBASI D.I Yogyakarta yang mengubah peraturan permainan bola basket. Diketahui bahwa wasit adalah bagian penting dalam permainan bola basket karena dengan adanya wasit diharapkan permainan bola basket akan lebih terawasi dan berjalan dengan lancar. Tetapi, tidak jarang seorang wasit mengambil sebuah keputusan yang tidak sesuai keinginan pemain maupun pelatih, sehingga pemain dan pelatih melakukan komplain yang berujung seorang wasit mengubah keputusannya. Teori penstrukturan adaptif menyebutkan bahwa sistem diproduksi, direproduksi dan ditransformasi melalui pemakaian aturan dan sumber daya oleh anggotanya (West & Turner, 2014). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang dilakukan melalui proses wawancara mendalam dengan wasit PERBASI D.I Yogyakarta yang berlisensi A berjumlah enam orang. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana wasit PERBASI D.I Yogyakarta mengubah peraturan permainan bola basket saat memimpin suatu pertandingan. Hasil penelitian menyatakan bahwa perubahan peraturan terjadi melalui proses pengambilan keputusan yang diakibatkan oleh intervensi pemain maupun pelatih serta faktor status lisensi seorang wasit. Wasit dengan lisensi C lebih mudah diintervensi pemain dan pelatih. Hal ini dikarenakan wasit lisensi C merupakan wasit dengan tingkatan paling rendah atau wasit baru yang belum memiliki pengetahuan, pengalaman serta mental dalam menghadapi serta memimpin suatu pertandingan. Selain faktor intervensi dan status lisensi, perubahan peraturan terjadi juga akibat adanya peraturan yang memang diperbolehkan untuk diubah. Perubahan dilakukan untuk memperbaiki keputusan yang telah diambil bukan untuk menghilangkan keputusan yang ada. Selain itu tetap ada juga peraturan yang memang tidak bisa diubah apapun alasannya atau telah bersifat mutlak.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi organisasi, penstrukturan adaptif, wasit, perubahan peraturan
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 30 Sep 2019 02:13
Last Modified: 30 Sep 2019 02:13
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/20142

Actions (login required)

View Item View Item