IMPLEMENTASI PROMOSI PADA EVENT PIALA PRESIDEN ESPORTS 2019 DALAM MENARIK PARTISIPASI PARA GAMERS

Suprayogo, Ferry Arifki (2019) IMPLEMENTASI PROMOSI PADA EVENT PIALA PRESIDEN ESPORTS 2019 DALAM MENARIK PARTISIPASI PARA GAMERS. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Ferry Arifki Suprayogo)
KOM04682.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Pemerintah Indonesia mulai ikut andil dalam industri esports dengan menghadirkan Piala presiden esports. Piala Presiden Esports sendiri merupakan sebuah event kompetisi esports pertama yang mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah. Piala presiden esports ini baru pertama kali digelar tahun 2019 dan akan berlanjut di tahun-tahun berikutnya. Ulasan pada penelitain ini berfokus pada implementasi promosi yang dilakukan Piala Presiden Esports dalam menarik partisipasi masyarakat khususnya para gamers. Penelitian ini menggunakan metode studi deskriptif kualitatif guna memaparkan hasil temuan data yang ditemukan di lapangan yang kemudian dikaitkan dengan teori-teori yang digunakan untuk menganalisnya. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi serta data sekunder dilengkapi dengan triangulasi data untuk kepentingan keabsahan data temuan. Hasil dari laporan ini berupa temuan data mengenai implementasi promosi yang dilakukan Piala Presiden Esports untuk menarik partisipasi para gamers. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah Piala presiden esports telah melakukan promosi untuk mempromosikan event Piala Presiden esports. Melalui a) periklanan menggunakan televisi, media online, b) promosi penjualan di 8 kota besar Indonesia dan televisi, c) hubungan masyarakat dengan mengadakan bootcamp dan konferensi pers, d) penjualan personal dengan membuka booth official merchandise, e) pemasaran langsung melalui website untuk penjualan tiket, official merchandise dan pengiriman email pendaftaran. Keseluruhan kegiatan yang dilakukan piala presiden esports merupakan cara yang digunakan untuk mempromosikan agar menarik minat partisipasi masyarakat dalam mencapai hasil yang efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Promosi, Menarik minat gamers, Piala Presiden Esports 2019
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 30 Sep 2019 04:36
Last Modified: 30 Sep 2019 04:36
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/20153

Actions (login required)

View Item View Item