ANALISIS KECELAKAAN LALU LINTAS PADA AREA BLACK SPOT (Studi kasus : Ruas Jalan Raya Sarangan – Cemoro Sewu Km 208 – Km 215 Magetan, Jawa Timur)

SIMATUPANG, TIOFANY (2019) ANALISIS KECELAKAAN LALU LINTAS PADA AREA BLACK SPOT (Studi kasus : Ruas Jalan Raya Sarangan – Cemoro Sewu Km 208 – Km 215 Magetan, Jawa Timur). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (TIOFANY SIMATUPANG)
TS16184.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Jalan merupakan salah satu prasarana transportasi yang penting dalam mendukung pelayanan antar daerah. Lalu dengan aktivitas masyarakat yang padat, maka terjadinya peningkatan arus lalu lintas di jalan tersebut. Jalan alternatif menjadi salah satu upaya untuk mengurangi kepadatan tersebut. Tetapi beragamnya perilaku pengemudi untuk menyelesaikan suatu kegiatannya dengan cepat, maka sering terjadinya kecelakaan lalu lintas akibat kurang berhati-hati dalam mengemudi. Seperti yang terjadi di Jalan Raya Sarangan – Cemoro Sewu Km 208 – Km 214. Penelitian di ruas jalan tersebut dilaksakan pada tanggal 25-27 Mei 2019. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan melakukan survei langsung dilapangan meliputi data perangkat pengatur lalu lintas, sifat – sifat perencanaan jalan, dan pengambilan data waktu melintas kendaraan. Data sekunder diperoleh dari pihak pemerintah yakni dari Polres Magetan dari tahun 2016 sampai dengan tahun 2018, kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode inventarisasi data. Dari data dan hasil penelitian didapatkan lokasi daerah rawan kecelakaan yaitu pada STA 214+800 yang paling banyak terjadi kejadian kecelakaan dengan jumlah kecelakaan yaitu sebanyak 45 kasus selama tahun 2016 - 2018. Penyebab utama terjadinya kecelakaan lalu lintas adalah faktor manusia yaitu kurangnya berhati-hati dan memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi 50,1265 km/jam diatas kecepatan rencana 40 km/jam. Korban kecelakaan lalu lintas yang terlibat terbanyak antara rentan usia 22 – 30 tahun sebanyak 262 orang dan korban jiwa yang terlibat kecelakaan tertinggi berasal dari kalangan pria dengan jumlah 641 orang. Fasilitas pendukung /pelengkap jalan pada daerah rawan kecelakaan, masih belum lengkap. Alternatif penanganan untuk menurunkan jumlah kecelakaan yang terjadi yaitu dengan perawatan dan penambahan rambu lalu lintas, menambah marka jalan berupa penambahan paku jalan dan cermin lalu lintas.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kecelakaan, black spot, Lalu Lintas, Fasilitas Jalan
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 30 Sep 2019 07:30
Last Modified: 30 Sep 2019 07:30
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/20157

Actions (login required)

View Item View Item