ZUHUD, MUHAMMAD RIAN (2019) ANALISIS PENGARUH FASILITAS U-TURN TERHADAP KINERJA RUAS JALAN (STUDI KASUS: U-TURN Jalan Zainal Abidin Pagar Alam-Depan Giant Supermarket, Bandar Lampung). S1 thesis, UAJY.
Text (MUHAMMAD RIAN ZUHUD)
TS15553.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Pertumbuhan kendaran bermotor di Kota Bandar Lampung terus mengalami peningkatan. Tetapi tidak diiringi pertambahan kapasitas jalan atau ruas jalan yang cukup berarti. Akibatnya, sering terjadi kemacetan di jalan protokol pada jam sibuk. Pada jalan protokol terdapat prasarana bukaan median yang desediakan untuk mempermudah kendaraan yang akan memutar arah. Dengan adanya kendaraan yang memutar menyebabkan berkurangnya kecepatan dari kendaraan yang searah dan menyebabkan tundaan kendaraan pada arah berlawanan. Hal-hal tersebut menunjukan adanya pengaruh fasilitas u-turn pada kinerja jalan. Penelitian Tugas akhir ini dilakukan di Lokasi u-turn Jalan Zainal Abidin Pagar Alam-Depan Giant Supermarket, Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung. Penelitian selama dua hari pada hari Senin, 14 Januari 2019 dan Sabtu, 12 Januari 2019. Dengan waktu penelitian ada 3 tahap pada pukul 06.30 – 8.30 wib, 12.00 – 14.00 wib, dan 16.00 – 18.00 wib. Dengan interval waktu setiap 15 menit. Data yang diambil pada penelitian ini diantaranya volume lalu lintas, hambatan samping, waktu dan kecepatan tempuh, volume kendaraan yang memutar, panjang antrian, waktu tundaan dan waktu memutar. Dari hasil analisis penelitian, maka diperoleh arus lalu lintas ke utara : 2215,1 skr/jam dan selatan : 2605 skr/jam, hambatan samping timur kategori sedang dan barat kategori rendah, kecepatan tempuh ke selatan : 24,96 km/jam dan utara : 27,40 km/jam, derajat kejenuhan dan tingkat pelayanan ke selatan : 0,675 (kategori kelas C) dan utara : 0,776 (kategori kelas D). Volume memutar pada jam puncak : 116,4 skr/jam. Hasil analisis tersebut menunjukan bahwa fasilitas u-turn mempengaruhi kinerja jalan yang meliputi perubahan arus lalu lintas sesudah u-turn untuk arah selatan dari 2215,1 skr/jam menjadi 2098,7 skr/jam dan utara dari 2605 skr/jam menjadi 2721,4 skr/jam karena adanya arus memutar. Perubahan derajat kejenuhan ke utara dari 0,675 menjadi 0,640 dan ke selatan dari 0,776 menjadi 0,812 karena perubahan besar arus kendaraan. Perubahan kecepatan tempuh untuk arah selatan sebesar 41,9%, dan arah utara 34,7 % yang di pengaruhi Panjang antrian,waktu memutar dan waktu tundaan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | u-turn, kinerja, ruas jalan, pengaruh. |
Subjects: | Sipil > Transportasi Sipil > Transportasi |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil |
Depositing User: | Lia natanaelia utami |
Date Deposited: | 01 Oct 2019 03:37 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 03:37 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/20169 |
Actions (login required)
View Item |