TAMAN WISATA KESENIAN DAN KEBUDAYAAN VAN DOUGLAS DI TANGERANG SELATAN, BANTEN DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR EKOLOGI

RAMLI, GRACIA (2019) TAMAN WISATA KESENIAN DAN KEBUDAYAAN VAN DOUGLAS DI TANGERANG SELATAN, BANTEN DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR EKOLOGI. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (GRACIA RAMLI)
TA16114.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

Tangerang Selatan merupakan salah satu kota yang memiliki beragam kesenian dan kebudayaan serta jenis wisata, salah satunya adalah wisata sosial budaya, namun kesenian dan kebudayaan khas Tangerang Selatan belum banyak terpublikasi dan terwadahi sehingga terdapat potensi untuk mengembangkan wisata sosial budaya seiring meningkatnya jumlah wisatawan setiap tahun. Ikon objek Wisata Kesenian dan Kebudayaan di Tangerang Selatan adalah anggrek Van douglas sebagai salah satu florikultur unggulan yang merupakan representasi budaya dan kearifan lokal, seperti keagungan, kekaguman pada seseorang, rasa hormat, dan martabat. Taman Wisata Kesenian dan Kebudayaan sebagai tempat untuk mengenali budaya serta kesenian sehingga dikenal luas masyarakat sebagai kekhasan Tangerang Selatan dengan menampilkan keindahan berbagai tanaman untuk dinikmati sebagai objek wisata, salah satunya adalah anggrek Van douglas. Dalam perancangan, taman merupakan tempat terencana yang dibuat manusia untuk menampilkan keindahan alam dan tanaman, namun memiliki permasalahan pada fungsinya yang kurang rekreatif dan elemen fisik yang kurang edukatif. Selain itu, pemeliharaan bangunan belum diolah dan memerlukan energi yang besar sehingga mengganggu keseimbangan alam. Taman Wisata Kesenian dan Kebudayaan Van Douglas diharapkan dapat menjadi solusi destinasi wisata yang rekreatif, edukatif, dan memiliki keselarasan dengan lingkungan melalui pengolahan ruang luar dan ruang dalam dengan pendekatan arsitektur ekologi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Taman wisata kesenian dan kebudayaan, Van douglas, rekreatif, edukatif, keselarasan dengan lingkungan, arsitektur ekologi
Subjects: Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Penelitian Dosen > Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 01 Oct 2019 06:55
Last Modified: 01 Oct 2019 06:55
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/20180

Actions (login required)

View Item View Item