PUTRI, GISELA KRISTIAN RIYANTO (2019) SEKOLAH MENENGAH PERTAMA BERNUANSA ALAM DI KABUPATEN BANTUL DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR LANSKAP. S1 thesis, UAJY.
Text (GISELA KRISTIAN RIYANTO PUTRI)
TA15343.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Kemajuan teknologi pada zaman ini memiliki dampak positif dan negatif bagi dunia pendidikan di Indonesia. Dampak positifnya adalah dapat membantu siswa dalam mengerjakan tugas. Sedangkan dampak negatifnya adalah anak-anak atau siswa menjadi lebih berfokus pada gadget sehingga kurang bersosialisasi dengan teman sebaya secara nyata. Untuk itu dibutuhkan sebuah metode pembelajaran yang berbeda dari metode pembelajaran di sekolah konvensional agar siswa mampu bersosialisasi secara nyata. Metode yang digunakan adalah action learning, dimana anak dituntut untuk belajar dari pengalaman. Selain itu perlu juga menumbuhkan rasa cinta terhadap lingkungan agar siswa lebih peka terhadap permasalahan di sekitarnya. Hal ini mendorong usulan pembangunan sekolah menengah pertama bernuansa alam yang diharapkan mampu membuat siswa lebih aktif dalam dunia nyata dari pada dunia maya dan lebih mencintai lingkungan. Sebagai bangunan sarana pendidikan dengan metode action learning, sekolah harus bersifat komunikatif, edukatif, dan hemat energy. Untuk mewujudkannya, pengolahan lanskap bangunan menjadi hal yang sangat penting. Dengan menggunakan pendekatan arsitektur lanskap diharapkan dapat tercipta suatu alur kegiatan di sekolah yang berkesinambungan sengan visi dan misi dari sekolah alam di Kabupaten Bantul.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sekolah alam, pengolahan lanskap, arsitektur lanskap, Kabupaten Bantul |
Subjects: | Arsitektur > Lingkungan Kawasan Penelitian Dosen > Arsitektur > Lingkungan Kawasan |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur |
Depositing User: | Lia natanaelia utami |
Date Deposited: | 02 Oct 2019 02:17 |
Last Modified: | 02 Oct 2019 02:17 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/20187 |
Actions (login required)
View Item |