ANALISIS FAKTOR PRODUKSI DAN EFISIENSI PADA USAHA TERNAK AYAM RAS PEDAGING D.I.YOGYAKARTA TAHUN 2018

Swastika, Febianca Adyayu (2019) ANALISIS FAKTOR PRODUKSI DAN EFISIENSI PADA USAHA TERNAK AYAM RAS PEDAGING D.I.YOGYAKARTA TAHUN 2018. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Febianca Adyayu Swastika)
EP21621.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi hasil produksi dan analisis efisiensi ternak ayam ras pedaging tahun 2018. Data yang digunakan adalah data sekunder cross-section yang diperoleh melalui PT Laras Sejati Yogyakarta dengan kurun waktu 1 (satu) periode ternak ayam ras pedaging dengan jumlah peternak sebanyak 29 orang dan Dinas Pertanian D.I. Yogyakarta. Alat analisis yang digunakan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi adalah fungsi produksi Cobb-Douglas, Uji Asumsi Klasik dan Pengujian Statistik. Selanjutnya digunakan return to scale, analisis NPM/Px, dan analisis efisiensi teknis untuk menganalisis optimalisasi dari penggunaan input produksi dan optimalisasi dari masing-masing peternak. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pakan dan berpengaruh terhadap hasil produksi, sedangkan tenaga kerja dan obat-obatan tidak berpengaruh terhadap hasil produksi secara individu. Variabel independen secara keseluruhan mempengaruhi hasil produksi ternak ayam ras pedaging. Analisis return to scale menunjukan bahwa usaha ternak ayam berada pada kondisi increasing return to scale. Rasio NPM/Px menunjukan penggunaan faktor produksi pakan, tenaga kerja dan obatobatan perlu dikurangi, sedangkan untuk penggunaan faktor produksi pemanas perlu ditingkatkan. Analisis efisiensi dari masing-masing peternak dibagi menjadi dua kelas interval, dengan nilai interval minimum sebesar 0,957 – 0,997 sebanyak 11 peternak ayam ras pedaging dengan presentase sebesar 37,94%, dan nilai interval maksimum sebesar 0,998 – 1,037 sebanyak 18 peternak ayam ras pedaging, dengan presentase 62,06%, nilai interval rata-rata seluruh peternak sebesar 1,000 artinya rata-rata peternak ayam ras pedaging telah mencapai 100% produksi potensial dari alokasi penggunaan input ternak ayam ras pedaging.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Analisis Faktor Produksi, Fungsi Produksi Cobb-Douglas, Return to Scale, NPM/Px, Efisiensi Teknis
Subjects: Ilmu Ekonomi > UKM
Divisions: Fakultas Ekonomi > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 07 Oct 2019 03:13
Last Modified: 07 Oct 2019 03:13
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/20235

Actions (login required)

View Item View Item