ANALISIS PENGARUH DIVERSIFIKASI PERUSAHAAN TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2013-2017

Willianto, David (2019) ANALISIS PENGARUH DIVERSIFIKASI PERUSAHAAN TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2013-2017. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (David Willianto)
EA21832.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (368kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh struktur modal terhadap kinerja perusahaan pada perusahaan sektor perbankan terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Variabel independen dalam penelitian ini menggunakan Diversifikasi Operasional (DIVOP) dan Diversifikasi Geografis (DIVGE) , variabel dependen dalam penelitian ini adalah Manajemen Laba (EM) , serta variabel kontrol berupa leverage (DAR) untuk melengkapi regresi dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan data sekunder dari laporan tahunan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini merupakan perusahaan sektor manufaktur berjumlah 683 sampel dari 153 perusahaan sektor manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013-2017. Metode yang digunakan untuk menentukan sampel penelitian adalah metode purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Diversifikasi Operasional (DIVOP) berpengaruh positif terhadap Manajemen laba, serta Diversifikasi Geografis (DIVGE) berpengaruh positif dengan Manajemen Laba.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Diversifikasi Perusahaan, Diversifikasi Operasional , Diversifikasi Geografis dan Manajemen Laba.
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Keuangan
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 09 Oct 2019 02:06
Last Modified: 09 Oct 2019 02:06
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/20267

Actions (login required)

View Item View Item