PENGGUNAAN BAHASA JURNALISTIK DALAM PENYAMPAIAN BERITA YANG DITULIS OLEH ROBOT JURNALIS PADA BERITAGAR.ID (Analisis Isi Pada Artikel Robotorial di Beritagar.id Periode 1 Februari 2019 – 1 Maret 2019)

ADINUGROHO, YOHANES BAPTIS KRISTO BAGASKORO (2019) PENGGUNAAN BAHASA JURNALISTIK DALAM PENYAMPAIAN BERITA YANG DITULIS OLEH ROBOT JURNALIS PADA BERITAGAR.ID (Analisis Isi Pada Artikel Robotorial di Beritagar.id Periode 1 Februari 2019 – 1 Maret 2019). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (YOHANES BAPTIS KRISTO BAGASKORO ADINUGROHO)
KOM05318.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Sejak tahun 2014 muncul istilah Jurnalistik Robot. Jurnalistik Robot menggunakan AI atau Artificial Intelligent adalah sistem kecerdasan buatan yang mulai dimanfaatkan oleh beberapa media besar di dunia, seperti Washington Post dan Kantor Berita Xinhua, untuk menulis berita. Sejak saat itu juga beberapa kantor berita di berbagai penjuru dunia mulai menerapkan AI untuk membantu kerja wartawan. AI mampu lebih canggih dalam urusan algoritma sehingga beberapa peran jurnalis sebagai produsen pesan mulai digeser oleh robot. Algoritma secara singkat dapat didefinisikan sebagai langkah-langkah Sistematis dan Logis dalam menyelesaikan suatu masalah. Dengan konsep Algoritma maka suatu permasalahan harus diselesaikan secara Sistematis, Logis dan bisa diuji benar atau salahnya. Hadirnya AI mampu memberikan keuntungan tersendiri bagi para jurnalis dalam melakukan berbagai macam penulisan artikel. Ketika wartawan melakukan penulisan artikel yang biasanya mereka kerjakan (seperti, penulisan berita saham, berita ekonomi, dan berkaitan dengan angka-angka atau pengarsipan) sekarang telah mampu dikerjakan oleh AI sehingga para wartawan dapat lebih fokus untuk melakukan penulisan-penulisan seperti contohnya in-depth reporting atau reportase investigasi yang kurang mampu dilakukan oleh AI. Data-data yang digunakan adalah artikel robotorial yang diambil pada periode 1 Februari 2019 – 1 Maret 2019, sebanyak 70 artikel berita robotorial. Oleh karena itu, menggunakan analisis isi sebagai metode. Analisis isi (content analysis) adalah penelitian yang bersifat pembahasan mendalam terhadap isi suatu informasi tertulis atau tercetak dalam media massa. Analisis ini biasanya digunakan pada penelitian kuantitatif. Hasil temuan lain menunjukkan bahwa secara garis besar, beberapa ciri-ciri bahasa jurnalisitk saling berhubungan satu dengan lainnya Penggunaan teknologi AI sebagai inovasi dalam proses produksi berita hanya bisa dilakukan berdasarkan data sekunder yang tersedia secara gratis dan mudah didapat di internet dan lapangan. AI di Beritagar.id belum bisa digunakan untuk menulis artikel yang membutuhkan observasi lapangan dan wawancara kepada narasumber. Kemudian, secara garis besar prinsip umum dalam penggunaan bahasa jurnalistik, tidak ada kesalahan yang berarti. Walaupun demikian, bahasa jurnalistik yang digunakan cenderung monoton atau kurang menarik karena artikel dibuat menggunakan template yang sudah ditentukan sebelumnya oleh pihak Beritagar.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Artificial Intellegent, robotorial, jurnalistik robot
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 10 Oct 2019 02:02
Last Modified: 10 Oct 2019 02:02
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/20277

Actions (login required)

View Item View Item