Aktivitas komunikasi pemasaran dalam Menjaga Hubungan Pelanggan di Bengkel Alternative Automotive

Cadiano, Ottario (2019) Aktivitas komunikasi pemasaran dalam Menjaga Hubungan Pelanggan di Bengkel Alternative Automotive. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Ottario Cadiano)
KOM05506.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Alternative Automotive merupakan yang bergerak di bidang jasa perbaikan mobil-mobil Eropa yang menawarkan fasilitas jasa bagi pengguna mobil Eropa yang berada di Yogyakarta sehingga perawatan dan perbaikan mobil cenderung lebih murah ketimbang harga bengkel resmi, yang di sisi lain tidak terdapat banyak bengkel resmi mobil Eropa di Yogyakarta. Hal ini yang tampak menjadi dasar bagi Alternative Automotive sehingga perlu melakukan implementasi komunikasi pemasaran dengan cara yang khas. Peneliti melihat indikasi bahwa kegiatan tersebut dilakukan untuk bersaing dengan kompetitor, yang di sisi lain juga ada indikasi upaya dalam menjaga hubungan dengan para pelanggan di bengkel Alternative Automotive. Faktor perilaku konsumen pun menjadi pendekatan kedua yang dilakukan untuk dapat melihat argumentasi pelanggan dalam pilihan sikapnya untuk bertahan pada bengkel ini. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini empat orang, yakni pemilik bengkel dan admin dari bengkel Alternative Automotive dan dua pelanggan jasa bengkel sehingga kemudian tampak beberapa faktor yang mempengaruhi mereka yakni faktor sosial, faktor pribadi, dan faktor psikologi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, komunikasi pemasaran, hubungan, pelanggan, Alternative Automotive, faktor, perilaku konsumen.
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 10 Oct 2019 02:57
Last Modified: 10 Oct 2019 02:57
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/20280

Actions (login required)

View Item View Item