KEBIJAKAN MANAJEMEN MEDIA DALAM PENYELESAIAN MASALAH PELANGGARAN KODE ETIK JURNALISTIK (STUDI KASUS MANAJEMEN MEDIA SOLOPOS DALAM PENYELESAIAN MASALAH PELANGGARAN KODE ETIK JURNALISTIK)

ANSARA, HERAWATI (2019) KEBIJAKAN MANAJEMEN MEDIA DALAM PENYELESAIAN MASALAH PELANGGARAN KODE ETIK JURNALISTIK (STUDI KASUS MANAJEMEN MEDIA SOLOPOS DALAM PENYELESAIAN MASALAH PELANGGARAN KODE ETIK JURNALISTIK). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (HERAWATI ANSARA)
KOM04609.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Setiap profesi memiliki peraturan kerja yang harus dipatuhi tidak terkecuali profesi wartawan. Dalam melaksanakan profesinya wartawan memiliki kewajiban menjaga profesionalisme dalam bekerja berlandaskan peraturan yang sudah dibuat yaitu Kode Etik Jurnalistik (KEJ). Tujuannya supaya wartawan tetap bertanggung jawab dalam melaksanakan profesinya. Akan tetapi dalam realitasnya, masih terdapat wartawan yang melanggar aturan dan pedoman yang sudah dibentuk oleh Dewan Pers saat mereka melakukan pekerjaannya. Dalam perusahaan pers ada dua manajemen yang saling terkait dalam urusan mengatur wartawannya, yaitu manajemen perusahaan dan manajemen pemberitaan. Penelitian ini akan membahas berkaitan dengan manajemen media massa khususnya tentang manajemen sumber daya manusia bagian redaksi yaitu wartawan. Bagian redaksi mengambarkan idealisme dari media massa. Redaksi mewujudkan tugas untuk merealisasikan visi dan misi media dalam pemberitaan. Setelah melihat dari hasil temuan lapangan dan analisis, peneliti menarik kesimpulan bahwa kebijakan manajemen dalam penyelesaian masalah pelanggaran kode etik jurnalistik oleh wartawan di Solopos telah diterapkan secara tegas. Oleh karena itu, kode etik jurnalistik mampu melindungi wartawan Solopos dalam melaksanakan pekerjaannya, mampu melindungi wartawannya dari ancaman pihak luar yang merasa dirugikan akibat pemberitaan Solopos, mampu mencegah manipulasi informasi oleh wartawan serta mampu melindungi masyarakat dari malapraktek oleh praktisi yang kurang profesional.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Media Massa, Pelanggaran Kode Etik Jurnalstik
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 10 Oct 2019 06:14
Last Modified: 10 Oct 2019 06:14
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/20289

Actions (login required)

View Item View Item