ANALISIS FAKTOR-FAKTOR KEPUTUSAN BELI KONSUMEN DAN PERBAIKAN KINERJA UKM AYANO COFFEE & CHOCOLATE

WIDIASTUTI, TYAS MARIA (2019) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR KEPUTUSAN BELI KONSUMEN DAN PERBAIKAN KINERJA UKM AYANO COFFEE & CHOCOLATE. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (TYAS MARIA WIDIASTUTI)
TI08469.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Coffee shop atau biasa disebut kafe yang merupakan salah satu yang banyak berkembang pada saat ini, salah satunya adalah Ayano Coffee & Chocolate. Selama perjalanan usaha, laba yang diperoleh Ayano relatif tetap yaitu di bawah target pendapatan per hari yang ditetapkan oleh owner senilai Rp700.000, Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui atribut atau faktor-faktor apa saja yang diperhatikan konsumen yang mempengaruhi keputusan pembelian terutama pada 4 elemen marketing mix yaitu produk, harga, lokasi, dan promosi, dan membandingkan karakteristik Ayano dengan kompetitor yang setara sebagai dasar dalam perumusan strategi untuk perbaikan kinerja agar dapat meningkatkan penjualan. Data dari penelitian ini berasal dari konsumen Ayano yang datang dan melakukan pembelian terhadap produk baik makanan maupun minuman Ayano untuk menilai tingkat kepentingan atribut, kinerja Ayano, dan kinerja kompetitor untuk setiap atribut. Di samping itu juga terdapat pemetaan dari hasil google review kompetitor yang setara mengenai faktor-faktor yang diperhatikan oleh konsumen coffee shop Terdapat 26 atribut pada penelitian ini yaitu rasa, porsi, kebersihan produk, estetika produk, inovasi dan variasi produk, kemasan, karyawan yang ramah, karyawan yang cepat tanggap, karyawan yang handal, karyawan yang peduli, citra merek, harga yang sesuai dengan kualitas, harga yang sesuai porsi, lokasi strategis, kemudahan lokasi, pencahayaan, musik, temperatur, aroma ruangan, layout dan fasilitas, desain interior, warna ruangan, diskon, voucher, endorsement, dan proteksi lingkungan. Tahapan yang dilakukan adalah analisis deskriptif, Importance Performance Analysis (IPA) untuk mengukur kinerja Ayano dan membandingkan dengan kompetitor, dan merumuskan strategi berdasarkan hasil IPA dengan mempertimbangkan hasil pemetaan google review. Dari hasil matriks IPA, atribut dengan tingkat kepentingan tinggi dan tingkat kinerja Ayano rendah adalah temperatur ruangan dan aroma ruangan. Sedangkan dari matriks perbandingan kinerja kompetitor yang lebih baik jika dibandingkan dengan kinerja Ayano adalah citra merek, packaging, inovasi dan variasi produk, temperatur ruangan, dan desain interior. Dari kombinasi hasil matriks IPA dan mempertimbangkan hasil pemetaan google review, strategi perbaikan yang diusulkan adalah: penggunaan alat pendingin yang sesuai seperti AC pada siang hari, menggunakan biji kopi sebagai pengharum di setiap ruangan, memperkuat ciri khas Ayano sebagai coffee shop bernuansa Jepang dengan menambah menu makanan dan minuman Jepang, serta memperbanyak ornamen atau aksesoris bertema Jepang untuk menghiasi ruangan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Coffee shop, keputusan beli, marketing mix, Importance Performance Analysis (IPA), strategi.
Subjects: Teknik Industri > Sistem Kerja
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 14 Oct 2019 02:38
Last Modified: 14 Oct 2019 02:38
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/20321

Actions (login required)

View Item View Item