PENEGAKAN HUKUM TERHADAP PELANGGARAN KETIDAK HADIRAN TANPA IZIN (THTI) OLEH OKNUM TENTARA NASIONAL INDONESIA (Studi di Komando Resort Militer 072/Pamungkas Yogyakarta)

Milala, Agung Aldio S (2019) PENEGAKAN HUKUM TERHADAP PELANGGARAN KETIDAK HADIRAN TANPA IZIN (THTI) OLEH OKNUM TENTARA NASIONAL INDONESIA (Studi di Komando Resort Militer 072/Pamungkas Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN AWAL)
HK114350.pdf

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
HK114351.pdf

Download (323kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
HK114352.pdf
Restricted to Registered users only

Download (662kB)
[img]
Preview
Text (BAB III)
HK114353.pdf

Download (171kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul Penegakan Hukum Terhadap Pelanggaran Ketidak Hadiran Tanpa Izin (THTI) Oleh Oknum Tentara Nasional Indonesia (Studi di Komando Resort Militer 072/Pamungkas Yogyakarta). Perumusan masalah yang diajukan yaitu Bagaimanakah proses penegakan hukum apabila ada seorang anggota TNI melakukan suatu pelanggaran THTI dan Apasajakah faktor-faktor yang mempengaruhi ketidakhadiran tanpa izin oleh seorang oknum anggota TNI dan solusi agar tidak berkembang menjadi tindak pidana desersi. Penelitian ini termasuk penelitian hukum normatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Penegakan hukum pelanggaran disiplin ketidak hadiran tanpa ijin atau THTI mengacu pada Undang- Undang yang berlaku yakni KUHPM, Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2014 tentang Hukum Disiplin Militer dan Undang-undang Nomor 31 Tahun 1997 tentang Pengadilan Militer. THTI merupakan jenis kejahatan yang sedemikian ringan sifatnya bagi anggota TNI yang melanggar sehingga penegakannya dilimpahkan kepada Ankum. Faktor penyebab terjadinya pelanggaran disiplin terutama THTI yaitu faktor intern dan faktor ekstern. Faktor intern yang mempengaruhi diantaranya Faktor internal yaitu faktor dari dalam individu prajurit meliputi kondisi fisik dan psikologis, sedangkan faktor eksternal merupakan faktor lingkungan diluar individu prajurit.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pidana, Pelanggaran, Disiplin, Militer.
Subjects: Ilmu Hukum > Peradilan dan Penyelesaian Sengketa Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 15 Oct 2019 06:11
Last Modified: 15 Oct 2019 06:11
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/20385

Actions (login required)

View Item View Item