KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK DALAM PEMERINTAHAN DAERAH PADA ERA PERKEMBANGAN TEKNOLOGI (Studi Deskriptif Kualitatif Keterbukaan Informasi Publik Pemerintahan Daerah Kabupaten Sintang Melalui Aplikasi Senentang)

Putra, Shantana Wira (2019) KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK DALAM PEMERINTAHAN DAERAH PADA ERA PERKEMBANGAN TEKNOLOGI (Studi Deskriptif Kualitatif Keterbukaan Informasi Publik Pemerintahan Daerah Kabupaten Sintang Melalui Aplikasi Senentang). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Shantana Wira Putra)
KOM05287.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan teknologi telah menciptakan banyak perubahan yang ada disekitar kita. Istilah e-government kemudian muncul dan banyak negara yang sudah menerapkannya. Indonesia sebagai salah satu negara yang menggunakan sistem tersebut pada sistem pemerintahannya. Kabupaten Sintang pada tahun 2018 juga telah menggunakan sistem ini dalam pemerintahan dengan mengenalkan aplikasi Senentang pada publik. Aplikasi ini merupakan media untuk menyampaikan informasi pada masyarakat. Penelitian ini akan menjelaskan bagaimana dan tujuan keterbukaan informasi pemerintahan Kabupaten Sintang melalui Aplikasi Senentang. Keterbukaan informasi pada publik juga melibatkan perkembangan teknologi di dalamnya. Perkembangan teknologi telah menciptakan beberapa media baru yang dapat digunakan untuk menyebarkan informasi publik. DISKOMINFO Kab. Sintang mencoba memanfaatkan hal tersebut dengan meluncurkan aplikasi untuk menyebarkan informasi. Aplikasi tersebut ditujukan untuk masyarakat. Pengelolaan aplikasi tersebut menjadi sangat penting dalam menjalankan keterbukaan informasi publik. Sistem pengelolaan aplikasi tersebut juga akan memperlihatkan perbedaan antara pemerintahan Sintang dan pemerintahan yang sudah maju, seperti Jakarta, Surabaya dan lainnya. Gaya kepegawaian dalam pemerintahan Sintang akan mempengaruhi bagaimana dan sejauh mana mereka dapat menjalankan konsep e-government dan menjalankan keterbukaan informasi publik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk mendapatkan informasi dengan lebih detail. Proses mendapat informasi yang dibutuhkan melalui tahap wawancara dengan orang yang mengelola aplikasi Senentang. Informasi yang diterima peneliti cukup beragam. Hal tersebut dikarenakan pengalaman setiap informan yang berbeda. Kesimpulan pada penelitian ini akan menjelaskan bagaimana DISKOMINFO Kab. Sintang telah menjalankan kewajibannya dengan baik dan apakah tujuan yang diingin sudah tercapai. Bagaimana sistem pegawai pada pemerintahan Sintang akan mempengaruhi apakah kewajiban pemerintah berjalan baik atau belum.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: DISKOMINFO Kab. Sintang, keterbukaan informasi publik, e-government, aplikasi Senentang)
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 15 Oct 2019 06:40
Last Modified: 15 Oct 2019 06:40
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/20389

Actions (login required)

View Item View Item