KECENDERUNGAN INFORMASI MEDIA JURNALISME WARGA (Analisis Isi Kuantitatif Foto Warga dalam Pasangmata.com Periode 1-31 Juli 2018)

ATMAJA, G. AJIE (2019) KECENDERUNGAN INFORMASI MEDIA JURNALISME WARGA (Analisis Isi Kuantitatif Foto Warga dalam Pasangmata.com Periode 1-31 Juli 2018). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (G. AJIE ATMAJA)
KOM05242.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Aliran Citizen Journalism atau Jurnalisme Warga, hadir untuk memberikan kesempatan masyarakat untuk terlibat aktif dalam proses pencarian sampai pada penyebaran informasi. Informasi berbentuk foto menjadi salah satu yang semakin marak dalam praktik jurnalisme warga saat ini dan dapat kita temukan pada media jurnalisme warga Pasangmata.com. Munculnya media-media berbasis jurnalisme warga seperti pasangmata.com menunjukan bahwa jurnalisme warga terus mengalami perkembangan. Namun di balik perkembangan tersebut masih terdapat keraguan dari kualitas informasi yang dihasilkan. Taufan Wijaya dalam Foto Jurnalistik (2014) mengatakan, bahwa akurasi dan pertangungjawaban foto warga merupakan tantangan besar yang saat ini terus diperbincangkan profesional. Namun disisi lain dalam bukunya tersebut juga dikatakan bahwa foto yang dihasilkan warga terkadang dapat diandalkan, karena jurnalis tidak selalu berada pada lokasi dan waktu yang tepat. Dua asumsi yang berbeda ini membawa peneliti untuk melihat bagaimana kecenderungan informasi yang dibuat oleh jurnalisme warga pada media warga pasangmata.com. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kecenderungan informasi pada jurnalisme warga yang ditinjau dari foto-foto yang dihasilkan pada media pasangmata.com periode 1-31 Juli 2018. Dengan mengunakan metode analisis isi kuantitatif, foto akan dianalisis berdasarkan kategori-kategori yang digunakan. Teori fungsi media dan nilai berita merupakan teori yang digunakan dalam penelitian ini. Pada teori fungsi media terdapat konsep-konsep fungsi informasi, fungsi mendidik, fungsi menghibur dan fungsi kontrol sosial yang digunakan sebagai kategori untuk melihat kecenderungan informasi dalam foto yang dihasilkan. Sedangkan nilai berita terdapat konsep-konsep aktual, faktual, penting dan menarik yang akan digunakan untuk melihat kualitas dari informasi yang disajikan. Setelah dilakukan pengcodingan, hasil dicatat kedalam tabel distribusi frekuensi dan dijabarkan sesuai tujuan penelitian. Hasil yang didapat dalam penelitian ini menggambarkan informasi pada foto-foto pasangmata.com memiliki kecenderungan informasi yang cukup beragam. Hal ini terlihat dari unit analisis fungsi media dan nilai berita 100%. Unit analisis fungsi media kecenderungannya lebih kepada fungsi informasi yang berisikan informasi berupa gagasan, peristiwa dan kegiatan. Sedangkan untuk nilai berita hasil yang didapatkan cenderung pada terpenuhinya nilai aktual dan faktual.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Citizen Journalism, Jurnalisme Warga, Foto Warga, Kecenderungan Informasi, Pasangmata.com
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 16 Oct 2019 04:36
Last Modified: 16 Oct 2019 04:36
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/20422

Actions (login required)

View Item View Item