NYIA DALAM KACAMATA MEDIA LOKAL (Analisis Framing Tajuk Rencana Mengenai Sengketa Pembangunan New Yogyakarta International Airport di Kulon Progo pada Surat Kabar Harian Tribun Jogja Periode 27 Januari 2017-23 Juli 2018)

AMALO, DEASILDA PUTRI (2019) NYIA DALAM KACAMATA MEDIA LOKAL (Analisis Framing Tajuk Rencana Mengenai Sengketa Pembangunan New Yogyakarta International Airport di Kulon Progo pada Surat Kabar Harian Tribun Jogja Periode 27 Januari 2017-23 Juli 2018). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (DEASILDA PUTRI AMALO)
KOM05357.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini menganalisis bagaimana peran dan pandangan media lokal dalam pemberitaan sengketa pembangunan bandara NYIA di Kulon Progo, yang diangkat pada tajuk rencana Tribun Jogja periode 27 Januari 2017 sampai dengan 23 Juli 2018. Tingginya pertumbuhan aktivitas pariwisata di Yogyakarta dan sekitarnya menjadi daya tarik bagi pelaku investasi. Pembangunan sarana dan prasarana terus dilakukan sebagai upaya yang disinyalir mampu meningkatkan jumlah wisatawan. Sejalan dengan itu, pada tahun 2011 muncul isu sebuah proyek pembangunan bandara Internasional di kecamatan Temon, Kulon Progo. Hingga memasuki tahun 2017 tepatnya tanggal 27 Januari dilakukan upacara peletakan batu pertama oleh presiden Joko Widodo dan Sultan HB X, sebagai penanda resminya pembangunan bandara NYIA yang menimbulkan sengketa tanah pembangunan antara warga terdampak dan Angkasa Pura I. Analisis framing, salah satunya model Robert N. Entman adalah analisis yang digunakan untuk membedah mengenai kerangka berpikir sebuah tulisan. Analisis model Entman peneliti gunakan untuk menganalisis pada level teks. Pada level konteks, peneliti melakukan wawancara dengan pemimpin redaksi dan penulis tajuk yang kemudian dibedah dengan teori hirarki oleh Shoemaker dan Reese. Data besar yang diperoleh dari gabungan dua level teks dan konteks dioalah menjadi frame besar Tribun Jogja. Peneliti ingin melihat bagaimana Tribun Jogja sebagai media lokal melalui tajuknya memandang sengketa pembangunan bandara di Kulon Progo, dan faktor apa saja yang mempengaruhi pengemasan isi tajuk tersebut. Hasil penelitian terlihat Tribun Jogja melalui tajuknya menampilkan pembangunan bandara sebagai kepentingan bersama yang dapat memajukan serta mendongkrak perekonomian Yogyakarta, khususnya Kulon Progo. Bandara NYIA dapat terbangun karena adanya pengorbanan oleh warga terdampak, sehingga peran pemerintah dituntut untuk melihat ini sebagai pembangunan berkelanjutan karena jangan sampai warga berkorban dua kali.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Analisis Framing, Tajuk Rencana, Tribun Jogja, Sengketa Pembangunan Bandara NYIA
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 17 Oct 2019 01:29
Last Modified: 17 Oct 2019 01:29
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/20436

Actions (login required)

View Item View Item