MARKET INTELLIGENCE PADA CV X DENGAN MENGGUNAKAN DATA MINING

Julmilia, Julmilia (2019) MARKET INTELLIGENCE PADA CV X DENGAN MENGGUNAKAN DATA MINING. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN AWAL)
TI081400.pdf

Download (774kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
TI081401.pdf

Download (233kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
TI081402.pdf
Restricted to Registered users only

Download (631kB)
[img] Text (BAB III)
TI081403.pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB)
[img] Text (BAB IV)
TI081404.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
TI081405.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (BAB VI)
TI081406.pdf

Download (895kB) | Preview

Abstract

CV X merupakan sebuah retailer yang menjual produk utama berupa laptop dan aksesoris lainnya. Produk laptop memiliki siklus hidup yang singkat sehingga terdapat produk model lama dan tidak laku di pasaran. Selain dari segi produk, harga juga memiliki peranan yang penting. Apabila terdapat toko yang menjual produk lebih murah, maka konsumen akan pergi ke toko lain. CV X tidak mengetahui dan tidak melakukan pemantauan kompetitor sehingga tidak mengetahui posisi CV X yang sesungguhnya. Oleh karena itu, setiap toko harus mampu dalam menyesuaikan diri dengan membentuk strategi pemasaran salah satunya adalah market intelligence. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengklasifikasikan toko berdasarkan kelengkapan toko dan mengetahui posisi CV X berdasarkan klasifikasi kelengkapan toko. Metode yang digunakan dalam menyelesaikan permasalahan adalah data mining classification rule algorithms. Hasil yang didapatkan yaitu pada analisis klaster data kelengkapan toko CV X terletak pada klaster 1 dengan kategori toko yang lengkap. Toko yang berada di klaster 1 merupakan kompetitor CV X. Analisis klaster pada data transaksi dan dilihat juga terdapat 4 klaster. Anggota pada klaster 4 merupakan kompetitor CV X dengan kategori jumlah transaksi dan dilihat yang paling banyak. Kata

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: market intelligence, data mining, analisis klaster, kompetitor
Subjects: Teknik Industri > Sistem Kerja
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 17 Oct 2019 04:06
Last Modified: 17 Oct 2019 04:06
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/20455

Actions (login required)

View Item View Item