PEMBAGIAN BEBAN DAN PENENTUAN RUTE DISTRIBUSI PADA POLAR ICE CRYSTAL YOGYAKARTA

CHRISTATA, BELLACHINTYA REIRA (2019) PEMBAGIAN BEBAN DAN PENENTUAN RUTE DISTRIBUSI PADA POLAR ICE CRYSTAL YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (BELLACHINTYA REIRA CHRISTATA)
TI08570.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Polar Ice Crystal Yogyakarta merupakan distributor es kristal dari Polar Ice Crystal yang memiliki pabrik di Boyolali. Polar Ice Crystal memiliki 12 jalur armada untuk melayani pelanggannya yang berada di wilayah Yogyakarta. Beberapa pelanggan menghendaki waktu pengiriman es batu yang khusus, yang disebut dengan time window. Selama ini terdapat ketidaksesuaian waktu pengiriman yang dilakukan armada, sehingga terdapat armada yang menunggu hingga batas awal time window. Ketidaksesuaian waktu disebabkan oleh pembagian beban yang belum seimbang, dan belum adanya penentuan rute. Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi ketidaksesuaian waktu pengiriman es batu yang disebabkan pembagian beban yang belum merata, dan belum adanya penentuan rute. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui beberapa alternatif pelanggan yang dapat dipindahkan dari satu armada ke armada yang lainnya untuk mengatasi adanya pelanggan baru sewaktu-waktu. Pada penelitian ini akan dilakukan prosedur pengelompokan ulang pelanggan dengan melakukan penggabungan 2 rute distribusi yang berdekatan yaitu armada A12 dan A3, serta penyusunan rute distribusi. Penyusunan rute dari kedua kelompok menggunakan pedekatan nearest neighbour. Pendekatan nearest neighbour dilakukan dengan cara memilih pelanggan yang memiliki jarak terpendek dari titik awal. Pengecekan waktu kedatangan armada dilakukan dengan menggunakan bantuan Microsoft Excel untuk mengetahui kesesuaian waktu pengiriman dengan time window pelanggan. Pemilihan alternatif pelanggan yang dapat dipindahkan menggunakan pendekatan nearest neighbour. Dari hasil analisis yang dilakukan, didapatkan hasil bahwa dengan pengelompokan dan penyusunan ulang pelanggan, tidak ada lagi waktu tunggu salesman dalam melakukan pengiriman, serta total jarak pengelompokan pelanggan yang baru mengalami penurunan dari pengelompokan pelanggan sebelumnya sebesar 6% untuk armada A12 dan 17% untuk armada A3, sehingga biaya bahan bakar untuk armada A12 turun sebesar Rp 4.157, dan armada A3 turun sebesar Rp 13.413. Pengelompokan pelanggan, rute, nearest neighbour, time window.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Polar Ice Crystal Yogyakarta merupakan distributor es kristal dari Polar Ice Crystal yang memiliki pabrik di Boyolali. Polar Ice Crystal memiliki 12 jalur armada untuk melayani pelanggannya yang berada di wilayah Yogyakarta. Beberapa pelanggan menghendaki waktu pengiriman es batu yang khusus, yang disebut dengan time window. Selama ini terdapat ketidaksesuaian waktu pengiriman yang dilakukan armada, sehingga terdapat armada yang menunggu hingga batas awal time window. Ketidaksesuaian waktu disebabkan oleh pembagian beban yang belum seimbang, dan belum adanya penentuan rute. Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi ketidaksesuaian waktu pengiriman es batu yang disebabkan pembagian beban yang belum merata, dan belum adanya penentuan rute. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui beberapa alternatif pelanggan yang dapat dipindahkan dari satu armada ke armada yang lainnya untuk mengatasi adanya pelanggan baru sewaktu-waktu. Pada penelitian ini akan dilakukan prosedur pengelompokan ulang pelanggan dengan melakukan penggabungan 2 rute distribusi yang berdekatan yaitu armada A12 dan A3, serta penyusunan rute distribusi. Penyusunan rute dari kedua kelompok menggunakan pedekatan nearest neighbour. Pendekatan nearest neighbour dilakukan dengan cara memilih pelanggan yang memiliki jarak terpendek dari titik awal. Pengecekan waktu kedatangan armada dilakukan dengan menggunakan bantuan Microsoft Excel untuk mengetahui kesesuaian waktu pengiriman dengan time window pelanggan. Pemilihan alternatif pelanggan yang dapat dipindahkan menggunakan pendekatan nearest neighbour. Dari hasil analisis yang dilakukan, didapatkan hasil bahwa dengan pengelompokan dan penyusunan ulang pelanggan, tidak ada lagi waktu tunggu salesman dalam melakukan pengiriman, serta total jarak pengelompokan pelanggan yang baru mengalami penurunan dari pengelompokan pelanggan sebelumnya sebesar 6% untuk armada A12 dan 17% untuk armada A3, sehingga biaya bahan bakar untuk armada A12 turun sebesar Rp 4.157, dan armada A3 turun sebesar Rp 13.413. Kata Kunci : pengelompokan pelanggan, rute, nearest neighbour, time window.
Subjects: Teknik Industri > Sistem Kerja
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 22 Oct 2019 07:11
Last Modified: 22 Oct 2019 07:11
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/20518

Actions (login required)

View Item View Item