ANALISIS KECELAKAAN LALU LINTAS (Studi kasus: Jalan HOS Cokroaminoto Yogyakarta)

PRIBADI, EMMANUEL ALVIAN CAHYO PUTRO (2019) ANALISIS KECELAKAAN LALU LINTAS (Studi kasus: Jalan HOS Cokroaminoto Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (EMMANUEL ALVIAN CAHYO PUTRO PRIBADI)
TS15186.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Jalan HOS Cokroaminoto merupakan jalan kolektor yang menghubungkan arus lalu lintas dari beberapa kawasan padat penduduk seperti tempat usaha, sekolah, universitas, daerah hunian dan lain – lain. Karena semakin padatnya arus lalu lintas maka akan terjadi kemacetan sehingga akan mempengaruhi perilaku pengendara yang cenderung tidak sabar, sering kali banyak pengendara yang tidak berhati-hati dan tidak menaati rambu-rambu lalu lintas mengakibatkan hal - hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan lalu lintas. Maka perlu dilakukan analisis kecelakaan lalu lintas untuk mengetahui sejauh mana kelengkapan fasilitas jalan yang ada dan menentukan karakteristik kecelakaan serta menentukan daerah rawan kecelakaan (blackspot). Pengambilan data yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas akhir ini dimulai pada 12 November 2018 dan berakhir pada 15 November 2018. Data primer yang digunakan adalah data keadaan lingkungan disekitar Jalan HOS Cokroaminoto Km 0,0 – Km 2,2, fasilitas pelengkap jalan, tata guna lahan dan pengukuran kecepatan kendaraan pada saat melewati area black spot sedangkan Data sekunder diperoleh dari POLRES Yogyakarta berupa data kecelakaan lalu lintas. Dari hasil penelitian didapatkan lokasi rawan kecelakaan di Jalan HOS Cokroaminoto yang Yogyakarta pada tahun 2014 terdapat dua daerah rawan kecelakaan dengan jumlah AEK > nilai upper control limit, pada tahun 2015 terdapat dua daerah rawan kecelakaan dengan jumlah AEK > nilai upper control limit, pada tahun 2016 terdapat dua daerah rawan kecelakaan dengan jumlah AEK > nilai upper control limit, pada tahun 2017 tidak ada yang teridentifikasi sebagai DRK. Pada rekapan dari tahun 2014 sampai dengan 2017 terdapat tiga daerah rawan kecelakaan dengan jumlah AEK > nilai upper control limit.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Lokasi rawan kecelakaan, upper control limit, kecelakaan lalu lintas, angka ekivalen kecelakaan.
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 23 Oct 2019 04:12
Last Modified: 23 Oct 2019 04:12
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/20529

Actions (login required)

View Item View Item