ANALISIS KINERJA BATIK SOLO TRANS TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA (Studi Kasus : Koridor 3 Palur – Kartosuro via Pasar Klewer)

KURNIAWAN, MOCH. ANDI (2019) ANALISIS KINERJA BATIK SOLO TRANS TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA (Studi Kasus : Koridor 3 Palur – Kartosuro via Pasar Klewer). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (MOCH. ANDI KURNIAWAN)
TS15925.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Surakarta merupakan kota besar di Indonesia yang mengalami tingkat kemacetan dan kepadatan jalan yang tinggi untuk itu pemerintah surakarta memberikan sebuah alat transportasi masal yaitu Batik Solo Trans untuk mengurangi penggunaan kendaraan pribadi dan diharapkan dapat mengurangi kemacetan. Batik Solo Trans bukan berarti tanpa masalah, bahkan ada permasalahan yang sampai saat ini belum ditangani secara serius yaitu kualitas pelayanan yang belum cukup baik, ini akan berimbas pada ketidakpuasan pengguna. Bilamana ketidakpuasan pengguna semakin tinggi maka pengguna akan tetap menggunakan kendaraan pribadi dan kemacetan di jalan-jalan Surakarta gagal dikurangi. Penelitian Tugas Akir ini bertujuan untuk Menganalisis efektifitas kinerja Batik Solo Trans dan mengetahui tanggapan pengguna terhadap kualitas pelayanan Batik Solo Trans khususnya pada koridor III. Penelitian ini dilakukan dengan cara pengamatan, pencatatan data survei lapangan dan melakukan penyebaran kuisoner langsung maupun online yang berjumlah 100 responden pada pengguna Batik Solo Trans koridor III. Hasil pengamatan, pencatatan data survei lapangan antara lain : load factor, kecepatan perjalanan dan headway. Data untuk jumlah penumpang perbulan didapatkan dari UPT Transportasi Dinas Perhubungan Kota Surakarta. Data kuisioner diuji dengan menggunakan uji validitas dan uji reabilitas selanjutnya diolah dengan metode Importance Performance Analysis ( IPA) dan dijelaskan menurut masing – masing kuadran. Hasil dari penelitian Tugas Akhir ini menunjukkan bahwa Rata - rata Load Factor tertinggi sebesar 37,18%, sedangkan Rata - rata Load Factor yang terendah sebesar 12,07%. Kecepatan maksimum yaitu memiliki kecepatan sebesar 24,9 km/jam, sedangkan kecepatan minimum yaitu sebesar 18,7 km/jam. Headway rata- rata didapatkan sebesar 10 menit 7,5 detik. Dari hasil kuisioner didapatkan adanya pelayanan yang harus diperbaiki menurut pengguna antara lain : petugas belum mengenakan sragam, lampu isyarat tanda bahaya belum terpasang, sabuk keselamatan belum terpasang, fasilitas kebersihan yang kurang, dan pengguna belum banyak yang mengetahui waktu pelayanan pada koridor III.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan pengguna, kinerja, Batik Solo Trans Koridor III, validitas, realibitas, Importance Performance Analysis.
Subjects: Sipil > Manajemen Konstruksi
Sipil > Manajemen Konstruksi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 23 Oct 2019 05:51
Last Modified: 23 Oct 2019 05:51
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/20532

Actions (login required)

View Item View Item