PENGARUH HAMBATAN SAMPING TERHADAP KINERJA RUAS JALAN P IRIAN KOTA SAMARINDA

ROMAN, EMANUEL ROMANUS (2019) PENGARUH HAMBATAN SAMPING TERHADAP KINERJA RUAS JALAN P IRIAN KOTA SAMARINDA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (EMANUEL ROMANUS ROMAN)
TS15306.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Jalan P Irian Kota Samarinda merupakan ruas jalan yang cukup padat aktivitas perbelanjaan seperti mall, pertokoan dan Bank Mandiri. Sehingga pemanfaatan parkir on street serta aktivitas kendaraan dan manusia menyebabkan ruas Jalan P Irian menjadi padat aktivitas pada jam puncak yang mengganggu kelancaran lalu lintas serta mengganggu kenyamanan, keamanan, dan keselamatan pengguna Jalan P Irian. Dari permasalahan yang ada, penelitian pada ruas Jalan P Irian Kota Samarinda dilakukan untuk mengetahui pengaruh hambatan samping pada kinerja ruas jalan dan tingkat pelayanannya. Survei yang dilaksanakan selama 2 hari, Sabtu, 13 April 2019 dan Senin, 15 April 2019. Dengan pembagian waktu, jam sibuk pagi 07.00 – 09.00, jam sibuk Siang 12.00 – 14.00, jam sibuk sore 15.00 – 17.00. Data yang diambil selama survei yaitu jumlah serta kecepatan kendaraan ringan, berat dan sepeda motor yang melintas. Mengamati hambatan samping yang terjadi seperti pejalan kaki, kendaraan parkir atau berhenti, kendaraan keluar masuk dari samping segmen jalan, dan kendaraan lambat. Hasil analisis menunjukan bahwa puncak volume arus lalu lintas terjadi pada Sabtu, 13 April 2019 pada jam puncak sore 15.00 – 16.00 arus lalu lintas 1030,95 smp/jam, kecepatan bebas sebesar 25,5645 km/jam, kapasitas sebesar 1047,830784 smp/jam, derajat kejenuhan sebesar 0,98 dan kecepatan yang dipengaruhi derajat kejenuhan sebesar 14,9 km/jam. Dari salah satu alternative solusi jalan pada Ruas Jalan P Irian Kota Samarinda mengalami peningkatan. Volume arus lalu lintas pada jam 1030,95 smp/jam, kecepatan arus bebas sebesar 38,874 km/jam, kapasitas sebesar 2158,992 smp/jam, derajat kejenuhan sebesar 0,478 dan kecepatan yang dipengaruhi derajat kejenuhan sebesar 32,4 km/jam. Dapat dilihat dari hasil analisis, dengan menghilangkan parkir di tepi Jalan P Irian Kota Samarinda dapat meningkatkan kinerja ruas jalan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kinerja ruas jalan, kecepatan tempuh, volume lalu lintas, hambatan samping.
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 24 Oct 2019 01:57
Last Modified: 24 Oct 2019 01:57
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/20536

Actions (login required)

View Item View Item